Presiden Korsel dan Tiongkok akan Bicarakan Sistem THAAD

Willy Haryono    •    Selasa, 31 Oct 2017 11:03 WIB
politik tiongkokkorea utarakorea selatan
Presiden Korsel dan Tiongkok akan Bicarakan Sistem THAAD
Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) berjabat tangan dengan Presiden Xi Jinping di Berlin, Jerman, Juli 2017. (Foto: EPA)

Metrotvnews.com, Seoul: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in akan berdialog dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping di sela Konferensi Tingkat Tinggi APEC pekan depan, di tengah ketegangan keduanya atas sistem pertahanan misil milik Amerika Serikat.

Tiongkok mengecam pengiriman sistem Terminal High Altitude Defense atau THAAD dari AS ke Korsel. Menurutnya, THAAD berpotensi mengancam kapabilitas militer Negeri Tirai Bambu. 

Beijing kemudian melarang warganya pergi ke Korsel untuk menghantam sektor pariwisata Negeri Gingseng. 

Menurut keterangan kantor kepresidenan Korsel di Seoul, Selasa 31 Oktober 2017, Presiden Moon dan Xi akan bertemu di KTT APEC di Danang, Vietnam.

"Perjanjian untuk bertemu adalah langkah awal untuk memperbaiki kerja sama bilateral ke jalur normal," ucap Nam Gwan-pyo, wakil direktur keamanan nasional Seoul, seperti dilansir AFP

Pertemuan serupa pernah berlangsung di Berlin pada Juli, menjelang KTT G20. 

Tiongkok adalah mitra dagang terbesar Korsel. Sejumlah langkah Beijing berimbas besar terhadap beberapa perusahaan besar Seoul, termasuk Lotte dan Hyundai. 

Sebuah pernyataan dari Kementerian Luar Negeri Korsel menyebut bahwa kedua kubu "memutuskan mendorong lebih jauh pengembangan kerja sama strategis dan sepakat berkomunikasi mengenai isu terkait THAAD."

Namun sejumlah pihak menduga Tiongkok dan Korsel akan tetap teguh pada sikap awal. Korsel menyebutkan bahwa pihaknya "menegaskan kembali posisi kami seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya. Sementara Tiongkok berkata, "besar harapan kami, kubu Korea mau menangani isu-isu terkait (THAAD) dengan tepat."

 


(WIL)