450 Orang Ditangkap dalam Demo Besar-besaran Iran

Sonya Michaella    •    Rabu, 03 Jan 2018 08:25 WIB
politik iraniran
450 Orang Ditangkap dalam Demo Besar-besaran Iran
Demo besar-besaran di Iran masuki hari ketujuh. (Foto: AFP)

Teheran: Sebanyak 450 orang telah ditangkap otoritas Iran terkait demonstrasi yang telah masuk hari ketujuh. Korban tewas pun terhitung mencapai 21 orang.

"Penyusup manapun tidak akan diizinkan untuk melakukan sabotase di negeri ini," kata Menteri Luar Negeri Iran, Javad Zarif, dikutip dari CNN, Rabu 3 Januari 2018.

Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei juga terang-terangan menyalahkan "musuh" Iran karena menyiram bensin di api yang sudah berkobar di negaranya. Musuh yang dimaksud adalah Amerika Serikat.

Bahkan, sebuah kelompok reformis Iran yang dipimpin oleh mantan Presiden Mohammad Khatami menuduh AS mendorong terjadinya kekerasan di Teheran.

Sejumlah pengamat menilai 'musuh' yang dimaksud Ayatollah dalam pernyataannya tak hanya AS, melainkan Israel dan Arab Saudi.

Di saat yang sama, Presiden AS Donald Trump memberikan dukungan terhadap demonstrasi besar-besaran yang memprotes keadaan ekonomi Iran itu.

Protes yang mulanya menentang kenaikan harga pangan ini seketika berubah menjadi protes terhadap rezim teokratis Iran. Rakyat menentang pemerintah dan bosan dengan minimnya kesempatan ekonomi di Iran.

Menanggapi tuduhan Iran, Duta Besar AS untuk PBB, Nikki Haley mengatakan setiap pernyataan dari Iran yang menyebut musuh mempengaruhi demo adalah omong kosong belaka.

Nikki menyebut, AS akan meminta Dewan HAM PBB di Jenewa untuk mendiskusikan aksi protes yang disinyalir akan tetap berjalan di hari-hari berikutnya.





(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA