Korsel akan Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Operasi Militer

Arpan Rahman    •    Senin, 09 Oct 2017 17:52 WIB
korea selatan
Korsel akan Gunakan Kecerdasan Buatan untuk Operasi Militer
Tank baja Korsel dalam latihan sesi militer. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Korea Selatan (Korsel) berencana menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) untuk membantu operasi militer dalam membuat keputusan akurat dan tepat. Pernyataan disampaikan sumber dari militer Korsel Senin 9 Oktober 2017, seperti disitir kantor berita Yonhap.

Sumber tersebut mengatakan Kementerian Pertahanan Korsel berencana menyelesaikan sebuah sistem AI pada 2025. Setelah itu, sistem tersebut akan didistribusikan ke unit-unit militer setelah melalui uji lapangan secara ekstensif. Sistem AI ini akan lebih berperan sebagai penasihat militer.

Rencana dari Kemenhan Korsel menunjukkan bahwa AI akan dilengkapi kemampuan mengetahui beragam data, termasuk kekuatan militer Korea Utara (Korut). AI ini juga dapat mendeteksi lokasi, jenis senjata, dan rute infiltrasi dari operasi militer musuh.

AI dengan algoritma mirip manusia juga akan memiliki informasi geografi dan meteorologi di wilayah tempat militer Korut beroperasi.

"Jika kita menggunakan AI dalam pengambilan keputusan, maka komandan militer akan mendapatkan dukungan secara terperinci yang mungkin diabaikan manusia," kata sumber tersebut tanpa menyebut nama. 

"Saya rasa tidak butuh waktu lama untuk melihat AI ini menjadi asisten inti," cetusnya.

Pejabat militer lainnya juga mengonfirmasi pihaknya saat ini sudah memulai proyek AI.


(WIL)