Vietnam Vonis Mati Delapan Penyelundup 300 Kg Heroin

Willy Haryono    •    Jumat, 28 Apr 2017 15:00 WIB
eksekusi mati
Vietnam Vonis Mati Delapan Penyelundup 300 Kg Heroin
Paket narkoba jenis heroin. (Foto: AFP / ARNO BURGI / DPA)

Metrotvnews.com, Hanoi: Vietnam memvonis mati delapan orang atas penyelundupan narkotika dan obat-obatan terlarang jenis heroin seberat 300 kilogram ke Tiongkok. Beberapa dari heroin itu disimpan dalam tabung gas. 

Menurut surat kabar An Ninh Thu Do, Jumat 28 April 2017, kedelapan orang itu dituduh menyelundupkan narkoba antar perbatasan dalam periode 2004 dan 2015. 

Kepala kartel Dang Minh Chau dituduh memimpin "geng kriminal berbahaya" namun tidak divonis mati. Dang divonis penjara seumur hidup karena wanita itu memiliki seorang anak yang masih kecil. 

Dua anggota geng lainnya juga mendapat vonis penjara seumur hidup. 

"Dang Minh Chau akan divonis penjara seumur hidup atas penyelundupan narkoba. Vonis dikarenakan dia masih harus merawat anaknya yang berusia 36 bulan," lapor kepolisian Hanoi. 

Kantor berita Vietnam News Agency melaporkan dua orang lainnya terkait Chau divonis 12 hingga 18 bulan penjara dalam pengadilan di Hanoi. 

Vietnam adalah salah satu negara yang menjatuhkan hukuman berat atas kasus narkoba. Seseorang yang terbukti memiliki lebih dari 600 gram heroin atau lebih dari 20 kg opium dapat terancam hukuman mati. 

Total 429 narapidana dieksekusi mati di Vietnam antara Agustus 2013 dan Juni 2016. 

Sejak 2013, Vietnam mengeksekusi vonis mati dengan suntikan obat, menggantikan metode sebelumnya yakni ditembak sekelompok eksekutor.


(WIL)