Investor Asing Makin Mudah dapat Visa di Indonesia

Sonya Michaella    •    Selasa, 08 Aug 2017 12:12 WIB
visa exemption
Investor Asing Makin Mudah dapat Visa di Indonesia
Kemenlu dan Ditjen Imigrasi akan jelaskan kemudahan visa dan izin tinggal bagi investor asing (Foto: Sonya Michaella/Metrotvnews.com).

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI dan Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM bekerja sama menggelar sosialisasi untuk para warga asing yang tinggal di Indonesia mengenai izin tinggal dan visa.
 
"Kami memberikan sosialisasi lewat perwakilan negara sahabat Indonesia yang ada di Jakarta mengenai aplikasi visa dan juga perizinan tinggal di Indonesia," ujar Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kemenlu RI, Andri Hadi kepada media di Hotel Mandarin, Jakarta, Selasa 8 Agustus 2017.
 
Menurut catatan dari Kemenlu RI, saat ini terdapat 103 kedutaan besar yang berlokasi di Jakarta, 25 konsulat jenderal yang tersebar di tiga kota besar di Indonesia dan 17 organisasi internasional yang beroperasi.
 
"Selain sosialisasi, kami juga mengadakan one on one meeting dan dialog secara langsung, apabila ada permasalahan dari warga negara tersebut saat berada di Indonesia," lanjut dia.
 
Direktur Jenderal Imigrasi Ronny F Sompie mengatakan, tujuan sosialisasi ini sangatlah penting, terutama untuk para warga asing yang bekerja di Indonesia.
 
"Kami berusaha untuk memberikan informasi tentang keimigrasian dan konsuler serta perkembangan berkaitan dengan pelayanan khusus warga negara asing dan hal-hal lain yang memang diatasi oleh keimigrasian dan konsuler oleh Kemenlu RI," tukas Ronny.
 
Beberapa kebijakan yang disampaikan Ronny, salah satunya adalah bagi Warga Negara Asing yang bekerja dan berinvestasi di Indonesia, kini dibentuk sebuah terobosan baru yang memudahkan mereka.
 
"Kami membuat terobosan baru yang kreatif untuk mempercepat dan memperlancar visa dan izin tinggalnya untuk mereka, para pekerja di Indonesia atau yang berinvestasi," lanjutnya.
 
Ronny menambahkan, paling lambat dalam jangka waktu dua hari, izin tinggal para pekerja asing sudah terbit. Begitu pula dengan para investor asing yang berinvetasi di wilayah Indonesia.
 
"Sinergi kami dengan Kemenlu RI dan lembaga terkait semakin menguat terutama di birokrasi untuk mengurus para keperluan Warga Negara Asing di Indonesia," pungkas dia.



(FJR)