Rencana Kunjungan Putin jadi Bahasan Menlu RI-Rusia

Sonya Michaella    •    Rabu, 09 Aug 2017 13:57 WIB
indonesia-rusia
Rencana Kunjungan Putin jadi Bahasan Menlu RI-Rusia
Menlu Retno Marsudi menyambut kedatangan Menlu Sergey Lavrov di Kemenlu RI, Jakarta, 9 Agustus 2017. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Rencana kunjungan Presiden Rusia, Vladimir Putin menjadi salah satu bahasan penting di dalam kunjungan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov ke Indonesia.

Menerima Lavrov di Kementerian Luar Negeri RI, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengaku memang ada pembicaraan soal kunjungan Putin, namun belum ada tanggal pasti kapan akan dilaksanakan.

"Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dulu soal kunjungan ini. Undangan sudah, dari Presiden ke Presiden Vladimir Putin. Timeframe belum, tapi sudah membahas persiapan kunjungan," ujar Menlu Retno ketika ditemui di Gedung Pancasila, Kemenlu RI, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Dalam persiapan kunjungan Putin ini, ada beberapa hal yang perlu ditegaskan lagi, terutama adalah sejumlah Memorandum of Understanding yang tertunda.

"Lalu kita mulai negosiasi kerja sama strategis yang sebelumnya itu adalah kerja sama komperehensif. Kita juga harus mengisi kegiatan ekonomi kita juga," lanjut dia.

Selain itu, lanjut dia, Indonesia-Rusia juga sedang memulai proses dengan Eurasia Economic Union.

"Ini pasar 180 juta, 144-nya itu Rusia. Jadi, kita mulai proses itu plus tentunya beberapa investasi. Beberapa hal yang kita perjuangkan dalam konteks perdagangan harus kita solidkan dulu," tegas Menlu Retno.

Ketika ditanya mengenai apakah ada pembahasan mengenai pembelian pesawat Sukhoi, Menlu Retno hanya menjawab singkat tanpa menjelaskan lebih lanjut. "Tidak secara spesifik," jawabnya singkat.



(WIL)