Rusia Klaim Tewaskan Dua Komandan ISIS

Lis Pratiwi    •    Minggu, 18 Jun 2017 07:44 WIB
isis
Rusia Klaim Tewaskan Dua Komandan ISIS
Ilustrasi ISIS. MTVN/Rakhmat Riyandi

Metrotvnews.com, Moscow: Kementerian pertahanan Rusia klaim pihaknya telah menewaskan dua komandan lapangan ISIS. Dua komandan ISIS itu tewas dalam serangan udara di dekat kota Deir al-Zor di Suriah timur.

Seperti yang dilansir dari Antara, kedua komandan yang terbunuh itu adalah Abu Omar al-Beljiki dan Abu Yassin al-Masri. Pernyataan kementerian pertahanan muncul satu hari setelah Rusia klaim telah menewaskan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dalam serangan udara bulan lalu.

Washington mengatakan pihaknya tidak dapat memastikan tewasnya Baghdadi sementara para pejabat Irak. Negara-negara barat lain turut menyangsikan kabar tersebut.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Sabtu 17 Juni 2017 mengatakan, pasukannya telah menewaskan sekitar 180 milisi dan kedua komandan dalam serangan udara ke Deir al-Zor pada 6 Juni dan 8 Juni. Pernyataan Rusia tersebut turut disangsikan pakar jaringan ISIS.

Hisham al-Hashimi, pakar yang tinggal di Baghdad mengatakan Abu Yasin al-Masri adalah orang sama yang bernama Abu al-Haj al-Masri. Orang yang diklaim Rusia tewas dalam serangan pada Jumat 16 Juni, sudah tewas dalam serangan di dekat Raqqa pada Mei lalu.

Sedangkan al-Beljiki kemungkinan tidak berada di Suriah saat serangan dilancarkan. Dia pun menilai Rusia berusaha unjuk gigi karena selama ini Amerika Serikat yang berhasil tewaskan petinggi ISIS.

"Jika pengumuman (Rusia) itu terbukti salah, kepercayaan terhadap mereka (Rusia) akan rusak," ujar al-Hashimi.


(SUR)

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

Lebih Berbahaya Bepergian ke Eropa Daripada ke Suriah

39 minutes Ago

Serangan teror yang semakin meningkat di Benua Eropa beberapa tahun terakhir menjadi kekhawatiran…

BERITA LAINNYA