Vietnam Klaim Siap Jadi Tuan Rumah KTT AS-Korut

Sonya Michaella    •    Jumat, 18 Jan 2019 15:53 WIB
vietnamAmerika Serikat-Korea Utara
Vietnam Klaim Siap Jadi Tuan Rumah KTT AS-Korut
Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc . (Foto: AFP)

Hanoi: Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc mengatakan, negaranya siap untuk menjadi tuan rumah pertemuan kedua antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-un.

Nguyen juga mengaku sudah memberikan penawaran kepada AS dan Korut perihal kesediaan menjadi tuan rumah ini.

"Kami tidak tahu keputusan akhir. Tapi jika memang kami dipilih, kami siap dan akan melakukan yang terbaik untuk memfasilitasi pertemuan itu," kata Nguyen, dikutip dari AFP, Jumat 18 Januari 2019.

Baca: Vietnam Tawarkan Diri jadi Tuan Rumah KTT AS-Korut

Selama ini, ujar dia, Vietnam telah bekerja sama baik dengan AS dalam mengembangkan hubungan ekonomi dan dagang serta di bidang lain.

Sementara itu, menurut sebuah sumber pemerintah Vietnam, bahkan telah ada persiapan logistik yang dilakukan Vietnam meski belum ada kepastian dan keputusan resmi dari AS maupun Korut.

"Ada beberapa persiapan yang dilakukan, contohnya di Da Nang. Kami siap menjadi tuan rumah," ujar pejabat anonim tersebut.

Seperti beberapa negara Asia Tenggara lainnya, Vietnam mempertahankan hubungan diplomatiknya dengan Korut. Vietnam juga pernah menjadi tuan rumah APEC yang digelar di Da Nang dan dihadiri oleh Trump.



(FJR)