Simulasi Sidang DK PBB Incaran Para Mahasiswa di DiploFest

Sonya Michaella    •    Rabu, 19 Dec 2018 17:21 WIB
diplomasi luar negeriindonesia-pbb
Simulasi Sidang DK PBB Incaran Para Mahasiswa di DiploFest
Simulasi sidang Dewan Keamanan PBB warnai Diplomatic Festival 2018 di Bandung. (Foto:Sonya Michaella/Medcom.id).

Bandung: Antusiasme mahasiswa-mahasiswi di terakhir gelaran Diplomacy Festival 2018 Kementerian Luar Negeri RI di Universitas Padjajaran, Bandung, masih tinggi. Sejumlah booth dari direktorat jenderal Kemenlu RI pun ramai didatangi.

Misalnya, pada booth simulasi Sidang Umum Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB). Para mahasiswa dan mahasiswi berkesempatan menjajal rasanya menjadi delegasi Indonesia.

“Senang sekali bisa mencoba duduk di meja sidang, lalu berdiplomasi dan berdebat. Jujur saya memang tertarik dengan multilateral,” kata Syafa, mahasiswi jurusan Hubungan Internasional Unpad Bandung, kepada Medcom.id, Rabu 19 Desember 2018.


Mahasiswa di Bandung dalam gelaran Diplomatic Festival Kemenlu RI. (Foto: Sonya Michaella/Medcom.id).

Mahasiswi semester 5 ini juga berkesempatan menjajal ‘negosiasi’ dengan negara lain yang diperankan oleh temannya. Selain itu, Syafa juga berkesempatan mengikuti kuliah umum yang dibawakan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, tadi pagi.

“Kapan lagi ikut kuliah umum Bu Menlu. Daftarmya juga cukup rebutan dengan teman-temannya karena kan online dan terbatas,” lanjut dia.

Bagi Syafa, pemaparan Menlu Retno soal posisi Indonesia di DK PBB sangat menarik. Pasalnya, tahun depan Indonesia sudah memulai tugasnya sebagai anggota Tidak Tetap DK PBB periode 2019-2020.

Rangkaian acara Diplomacy Festival 2018 di Bandung akan ditutup dengan penampilan sejumlah artis ibu kota, yaitu Tulus, Maliq n D’Essentials dan Diskoria Selekta yang akan dimulai pada pukul 18.00 sore nanti.


(FJR)