Empat Anggota Keluarga Tewas Akibat Serangan Bersenjata di Pakistan

Riyan Ferdianto    •    Selasa, 12 Sep 2017 02:17 WIB
penembakan
Empat Anggota Keluarga Tewas Akibat Serangan Bersenjata di Pakistan
Ilustrasi penembakan, Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Pakistan: Empat anggota keluarga pengikut Syiah Hazara telah dibunuh oleh kelompok bersenjata di Pakistan Barat Daya pada Minggu 10 September 2017. Seorang anak berusia 12 tahun juga menjadi korban dalam serangan terhadap masyarakat minoritas tersebut.

Dilansir Reuters, Senin 11 September 2017, dua pria menggunakan sepeda motor melepaskan tembakan ke arah delapan anggota keluarga, ketika mereka berada di sebuah pom bensin sekitar 30 kilometer sebelah utara Quetta, ibu kota provinsi Balochistan. Serangan tersebut, mengakibatkan empat orang tewas dan dua luka-luka.

"Ini adalah serangan sektarian," kata perwira tinggi polisi Tanveer Shah.

Dia menambahkan bahwa hingga berita ini diturunkan, tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut. Pengikut Hazara sering menjadi sasaran serangan kelompok Taliban dan IS, serta kelompok militan Sunni lainnya di Pakistan dan Afghanistan. 

Banyak dari mereka melarikan diri ke Pakistan dari Afghanistan akibat negaranya itu dilanda konflik selama beberapa dasawarsa dan hampir setengah juta tinggal di dan sekitar Quetta.

Pada 2013, tiga serangan bom terpisah menewaskan lebih dari 200 orang di lingkungan masyarakat Hazara. Serangan ini meningkatkan kesadaran masyarakat internasional akan keadaan buruk yang menimpa masyarakat di sana. 

Lebih dari 20 pengikut Hazara tewas dalam aksi penembakan serupa di Balochistan dalam dua tahun belakangan, kata polisi





(DHI)