Wapres AS akan Berkunjung ke Masjid Istiqlal

Sonya Michaella    •    Kamis, 20 Apr 2017 05:36 WIB
amerika serikat
Wapres AS akan Berkunjung ke Masjid Istiqlal
siden Amerika Serikat (AS) Michael R. Pence (kiri) melambaikan tangan saat tiba di Bandara Internasional Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (19/4) malam - ANT/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Amerika Serikat (AS), Mike Pence direncanakan akan melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal dan bertemu dengan sejumlah tokoh lintas agama Indonesia.

"Nanti ada agenda Wapres AS bertemu dengan tokoh-tokoh lintas agama Indonesia," kata Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu 19 April 2017 malam. 

Dari jadwal kunjungan Pence yang diterima Metrotvnews.com, orang nomor dua AS itu bakal menyambangi Masjid Istiqlal hari ini Kamis, 20 April 2017 sekira pukul 14.30 WIB. Kunjungan itu selepas pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. 

Sebelum bertemu JK, Pence bakal melakukan kunjungan kehormatan ke Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara.

Dalam pertemuannya dengan Jokowi serta JK, kemungkinan besar akan dibicarakan perihal isu internasional dan juga kawasan. Misalnya ketegangan di Semenanjung Korea antara Korea Utara dan Korea Selatan serta AS.

"Tentu soal isunya masih terbuka. Tapi kan pertemuan belum terjadi. Bisa diprediksi, Presiden dan Wapres RI dengan Wapres AS akan membicarakan soal isu internasional dan kawasan yang jadi kepentingan bersama," ucap Retno. 

Pence juga akan mengunjungi Sekretariat ASEAN di Jakarta dan bertemu dengan 10 duta besar negara anggota ASEAN untuk Indonesia.

"Pertemuan ini sebagai komitmen Amerika untuk kawasan. Kita sangat apresiasi ini," lanjut mantan duta besar RI di Belanda tersebut.



(REN)