Trump Berlakukan Peraturan Ketat bagi Pemohon Visa AS

Sonya Michaella    •    Jumat, 04 Aug 2017 08:23 WIB
pemerintahan as
Trump Berlakukan Peraturan Ketat bagi Pemohon Visa AS
Pemerintahan Presiden Donald Trump berlakukan peraturan ketat bagi para pemohon visa AS. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Washington: Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memutuskan untuk membuat peraturan baru terkait pemohon visa untuk masuk ke AS.

Seorang pejabat Kementerian Luar Negeri RI membeberkan bahwa sudah diberlakukan peraturan di mana seorang pemohon visa AS harus diperiksa media sosialnya, riwayat hidup, dan memberikan rencana perjalanan yang rinci.

"Sudah berlaku (peraturan tersebut). Hal ini kami lakukan untuk menghindari adanya ekstremis asing yang masuk ke AS," ujar pejabat anonim tersebut, dikutip dari Guardian, Jumat 4 Agustus 2017.

Seorang pemohon visa AS akan diberikan sebuah formulir dan harus mengisi pertanyaan yang tertera dengan lengkap dan rinci.

Nantinya, pertanyaan-pertanyaan yang diajukan kepada pemohon visa akan terkait dengan terorisme, keamanan nasional atau kepemilikan visa negara lainnya.

"Jika pemohon visa tidak mau menjawab, visanya akan ditunda atau bahkan tidak diproses sama sekali," lanjut dia.

Sekitar sebulan lalu, perintah eksekutif Trump terkait warga tujuh negara dilarang masuk ke Negeri Paman Sam sudah berlaku.

Tujuh negara tersebut adalah Irak, Iran, Libya, Somalia, Sudan, Suriah dan Yaman. Setelah berbulan-bulan tertunda, akhirnya Mahkamah Agung mengabulkan perintah eksekutif Trump tersebut.



(FJR)