Uruguay Buka Kedubes di Indonesia Tahun Depan

Sonya Michaella    •    Selasa, 11 Oct 2016 14:18 WIB
indonesia-uruguay
Uruguay Buka Kedubes di Indonesia Tahun Depan
Menlu Retno Marsudi (kanan) dan Menlu Uruguay Rodolfo Nin Novoa menandatangani kerja sama bilateral di Kemenlu, Jakarta, 11 Oktober 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Uruguay segera membuka kedutaan besar di Indonesia tahun depan. Hal ini disampaikan langsung Menteri Luar Negeri Uruguay Rodolfo Nin Novoa saat bertemu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

"Kunjungan perdana ini membawa pesan positif bagi hubungan bilateral Indonesia dan Uruguay. Tahun depan, kedutaan besar Uruguay akan dibuka di Indonesia," kata Menlu Retno di Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Selasa (11/10/2016).

Kunjungan Menlu Novoa ini juga disertai delegasi bisnis yang akan menghadiri Trade Expo Indonesia di Jakarta. Di samping itu, kerja sama ekonomi juga disepakati antar kedua negara.

"Ini sebagai balasan partisipasi Indonesia sejak 2008 di Prado Expo di Uruguay. Selama pertemuan ini, saya sangat mendorong kerja sama privat sektor dua negara di bidang ekonomi," lanjutnya.

Selain menyepakati dua hal tersebut, "dilaksanakan pula penandatanganan kerja sama di bidang technical cooperation," tutur mantan duta besar RI di Belanda ini.

Di bidang pendidikan, setiap tahun mahasiswa universitas Uruguay melakukan kunjungan ke Bali. Tahun ini saja terhitung sudah 750 mahasiswa Uruguay yang datang ke Pulau Dewata dalam program universitas.

Dalam kerja sama regional, diharapkan Indonesia dan Uruguay dapat berperan aktif di ASEAN dan Mercosur selaku driving force untuk mendorong kerja sama inter-regional.

"Mercosur bisa memenuhi produk makanan untuk ASEAN. Tentu kita harapkan hubungan kedua negara lebih baik dan terus meningkat," ujar Menlu Novoa.

Ia menambahkan dirinya melihat banyak kemajuan pesat di Indonesia. Itulah sebabnya, Uruguay akan segera membuka kedubes di Indonesia sebagai perwakilan resmi dan menandai peningkatan hubungan diplomatik dua negara.

"Berada di Indonesia dan bekerja sama dengan negeri yang indah ini menjadi salah satu kebanggaan saya," pungkasnya.

Kedatangan Menlu Novoa merupakan kunjungan resmi pertama sejak terjalinnya hubungan diplomatik Indonesia dengan Uruguay pada 1965.


(WIL)