Menlu RI Lakukan Kunjungan Kerja ke Afghanistan Hari Ini

Marcheilla Ariesta    •    Senin, 06 Nov 2017 09:39 WIB
indonesia-afghanistan
Menlu RI Lakukan Kunjungan Kerja ke Afghanistan Hari Ini
Menlu Retno Marsudi (Foto: Metrotvnews.com)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi terbang ke Afghanistan untuk melakukan kunjungan kerja sejak Minggu malam. Keberangkatan dikonfirmasi lewat akun Twitter resmi Kementerian Luar Negeri Indonesia.

"Menlu Retno menuju Afghanistan untuk lakukan kunjungan bilateral Menlu RI pertama sejak 1961," demikian dikutip dari Twitter @Portal_Kemlu_RI, Senin, 6 November 2017.

Kunjungannya ke Afghanistan dalam rangka menindaklanjuti hasil diskusi bilateral antara Presiden Joko Widodo dengan Presiden Afghanistan Ashraf Ghani pada April lalu. Kala itu, Presiden Ghani melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia.

"Menlu Retno akan membahas tindak lanjut hasil kunjungan Presiden Afghanistan ke Indonesia April 2017," imbuh Kemenlu.

Juru Bicara Kemenlu Arrmanatha Nasir, menuturkan pada Kamis kemarin bahwa ini merupakan lawatan bersejarah karena merupakan kali pertma sejak 61 tahun, Berbagai isu akan dibahas, salah satunya terorisme.

"Lalu, Menlu Retno tentu ingin mendorong agar proses rekonsiliasi perdamaian Afghanistan tercapai," tegas Arrmanatha.

Indonesia telah banyak membantu rekonsiliasi pembangunan di Afghanistan. Walau nilai kerja sama perdagangan kedua negara terbilang kecil, hanya USD16 juta, namun Afghanistan dinilai sebagai negara yang memiliki banyak potensi.



(WIL)