Keamanan Diperketat Jelang Kedatangan Trump ke Korsel

Sonya Michaella    •    Selasa, 07 Nov 2017 09:55 WIB
as-korsel
Keamanan Diperketat Jelang Kedatangan Trump ke Korsel
Pengamanan diperketat jelang kedatangan Presiden AS Donald Trump ke Seoul. (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Seoul: Keamanan semakin diperketat menjelang kedatangan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump ke Korea Selatan (Korsel), hari ini.

Pagar besi dipasang di sekitar Plaza Gwanghwamun, seberang Kedutaan Besar AS dan juga ratusan personel polisi dikerahkan di jalan utama menuju Kantor Presiden Cheong Wa Dae.

Dikutip dari Yonhap, Selasa 7 November 2017, pengamanan diperketat karena akan ada sejumlah kelompok sipil liberal untuk berunjuk rasa menentang kunjungan Trump yang akan disambut oleh Presiden Moon Jae-in.

Selama dua hari, Trump akan berada di Seoul untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Moon. Sejumlah isu penting akan dibahas kedua kepala negara ini.

Pertemuan puncak akan digelar di Istana Cheong Wa Dae atau Gedung Biru dan Trump dijadwalkan akan berbicara di Majelis Nasional Korsel pada Rabu 12 November.

Sejumlah ajudannya mengatakan Trump tidak akan pergi ke Zona Demiliterisasi atau DMZ yang membelah antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Trump dikabarkan hanya akan datang ke Kamp Humphreys, sebuah kompleks militer AS di wilayah selatan dari Seoul. 

Meskipun keamanan ditingkatkan, polisi mengatakan bahwa mereka menjamin kebebasan berbicara dan hak untuk berkumpul di daerah-daerah di luar area keamanan intensif. 


(WIL)