Dato Lim Jock Hoi Resmi Menjabat sebagai Sekjen baru ASEAN

Marcheilla Ariesta    •    Jumat, 05 Jan 2018 12:57 WIB
asean
Dato Lim Jock Hoi Resmi Menjabat sebagai Sekjen baru ASEAN
Sekjen baru ASEAN Lim Jock Hoi (kiri) resmi menjabat usai serah terima jabatan dari Le Luong Minh, Jumat 5 Januari 2018 (Foto: Marcheilla Ariesta).

Jakarta: Jabatan Sekretaris Jenderal ASEAN resmi beralih dari Le Luong Minh kepada Dato Paduka Lim Jock Hoi.
 
 
Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi mengatakan Lim bukan seorang asing bagi ASEAN. Pria asal Brunei Darussalam tersebut sering hadir menjadi perwakilan negaranya dalam berbagai pertemuan ASEAN.
 
"Pak Lim bukanlah orang lain bagi ASEAN. Saya dan beliau pernah sama-sama menjadi ketua senior official meeting (SOM) di ASEAN-Europe Meeting (ASEM)," ujar Menlu Retno dalam pidatonya di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Jumat 5 Januari 2018.
 
Menlu Retno menuturkan dirinya yakin Lim bisa menjadi ketua ASEAN yang dapat melanjutkan kerja dari pendahulunya. Dia juga yakin Lim bisa memajukan ASEAN agar semakin baik ke depannya.
 
Lim, dalam pidatonya mengatakan sangat senang bisa menjadi keluarga besar ASEAN. Dia menuturkan bahwa ASEAN selama 50 tahun ke belakang sudah bisa menjadi organisasi kawasan yang diperhitungkan di mata internasional.
 
"Kita terus bertumbuh dan berkembang menjadi salah satu organisasi kawasan yang diperhitungkan di mata dunia. ASEAN, saya harapkan kita dapat bekerja sama untuk semakin maju, namun tetap stabil, aman dan damai" ucapnya.
 
Tak lupa dia menghaturkan terima kasih kepada pendahulunya Le Luong Minh, untuk kerja kerasnya selama lima tahun terakhir bagi ASEAN.
 
Dato Paduka Lim Jock Hoi merupakan pejabat perdagangan dan urusan luar negeri Brunei Darussalam. Pria lulusan Politeknik Kota London dengan gelar B.Sc (Hons) ini, dianugerahi sebagai The Most Honourable Order dari Seri Paduka Mahkota Brunei pada 2007, dengan gelar kelas dua (D.P.M.B).
 
Sebagai simbolik, Singapura, ketua ASEAN 2018, menyerahkan bunga anggrek Golden Jubilee bagi Lim. Penyerahan anggrek ini merupakan ucapan selamat datang dan bertugas untuk Lim sebagai Sekjen ASEAN yang baru.



(FJR)

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

Myanmar Sepakat Terima 1.500 Rohingya Setiap Pekan

4 hours Ago

Myanmar menyanggupi akan menyediakan tempat penampungan sementara bagi Rohingya yang kembali.

BERITA LAINNYA