Kekhawatiran Warga Thailand Sepeninggal Raja Bhumibol

Sonya Michaella    •    Jumat, 14 Oct 2016 07:34 WIB
raja thailand
Kekhawatiran Warga Thailand Sepeninggal Raja Bhumibol
Raja Bhumibol wafat pada usia 88 tahun (Foto: Reuters)

Metrotvnews.com, Bangkok: Wafatnya Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej serta merta membuat warga Thailand khawatir akan masa depan Thailand tanpa Bhumibol.

Pasalnya, beberapa waktu terakhir Thailand didera serangan bom dan gejolak ekonomi. Ada pula persaingan antara pembentukan militer yang dipimpin oleh kekuatan politik dan juga berbagai macam protes yang mengerikan.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (14/10/2016), Bhumibol diketahui mempunyai cara untuk 'meredakan' krisis dalam beberapa kesempatan di pemerintahannya.

Setelah wafat, banyak warga Thailand khawatir bagaimana masa depan Thailand, meskipun Putra Mahkota, Maha Vajiralongkom akan segera menggantikan tahta ayahnya.

Pria berusia 64 tahun ini dikenal aktif dalam kegiatan militer. Ia juga lebih banyak menuntut ilmu di luar negeri, seperti di Inggris, Australia dan juga pelatihan militer di Amerika Serikat. 

Kepastian naiknya Vajiralongkorn sebagai Raja Thailand, diumumkan setelah pihak Istana Kerajaan mengumumkan wafatnya Raja Bhumibol Adulyadej di Rumah Sakit Siriraj pada pukul 3.52 sore waktu setempat.
 
"Pemerintah akan melanjutkan suksesi. Pemerintah akan mengabarkan pihak Majelis Legislatif Nasional bahwa yang mulia Raja menunjuk pewarisnya pada 28 Desember 1972," ucap PM Prayuth, seperti dikutip AFP.

Bhumibol Adulyadej wafat di usia 88 tahun. Raja yang berkuasa paling lama itu sebelumnya didera sakit berkepanjangan.
 
Selama 70 tahun, Bhumibol memimpin Thailand dengan kharisma yang dimilikinya. Dia pun dicintai oleh seluruh rakyat Thailand.

Menurut keterangan Istana Kerajaan Thailand yang dilansir oleh Associated Press, Kamis 13 Oktober, Raja Bhumibol wafat pada pukul 3.52 sore waktu setempat.


(FJR)

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

BDF IX Berakhir, Demokrasi Masih Hadapi Banyak Tantangan

22 hours Ago

Bali Democracy Forum (BDF) IX resmi ditutup. Sejak pertama kali diadakan pada 2008, tingkat keikutsertaan…

BERITA LAINNYA