Komandan ISIS Asal RI Tewas, Kemenlu Tak Bisa Verifikasi

Sonya Michaella    •    Rabu, 15 Mar 2017 17:15 WIB
wni gabung isis
Komandan ISIS Asal RI Tewas, Kemenlu Tak Bisa Verifikasi
Jubir Kemenlu RI Arrmanatha Nasir (Foto: Sonya Michaella/MTVN).

Metrotvnews.com, Jakarta: Beredar kabar bahwa komandan kelompok militan Islamic State (ISIS) Asia Tenggara bernama Bahrumsyah tewas di Suriah. Bahrumsyah dilaporkan berasal dari Indonesia.
 
Namun, dengan tegas, juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Arrmanatha Nasir tak bisa mengonfirmasi bahwa Bahrumsyah adalah seorang WNI.
 
 
"Harus saya tegaskan, tidak ada satu pun WNI yang melapor ke KBRI bahwa ia akan bergabung dengan teroris. Jadi, kami tidkak bisa memverifikasi apakah dia WNI atau bukan," kata Arrmanatha di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu 15 Maret 2017.
 
Arrmanatha menambahkan, para WNI yang memang sengaja ingin bergabung dengan ISIS atau kelompok teror yang lain tidak akan tercatat di imigrasi.
 
"Sulitnya ya di situ. Karena mereka melakukan hal yang ilegal," imbuhnya.
 
Tewasnya Bahrumsyah terjadi pada Senin 13 Maret, ketika berlangsungnya operasi bom bunuh diri yang gagal terhadap pasukan Suriah.
 
Bahrumsyah tewas setelah mobil berisi bahan peledak yang dikendarainya meledak lebih cepat di Palmyra. Bom itu ditujukan kepada unit Angkatan Darat Suriah.
 
Abu Muhammad al Indonesi, dikenal sebagai nama lain dari Bahrumsyah. Dia menjadi terkenal setelah muncul dalam video rekrutmen pada 2014 dan meminta militan di Indonesia, Malaysia serta negara lain di Asia Tenggara untuk bergabung dengan ISIS.
 
Bahrumsyah dikabarkan diminta untuk memimpin batalyon pasukan asing ISIS yang berasal dari Asia Tenggara.



(FJR)