4 Nelayan Diculik di Dekat Wilayah Abu Sayyaf

Fajar Nugraha    •    Rabu, 21 Dec 2016 14:37 WIB
penculikan
4 Nelayan Diculik di Dekat Wilayah Abu Sayyaf
Ilustrasi Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Manila: Penculikan terhadap nelayan di sekitar perairan Filipina kembali terjadi. Empat orang nelayan kapal berbendera Filipina diculik oleh orang tak dikenal.
 
Kapal nelayan FB Ramona 2 yang berbendera Filipina ditemukan tanpa ada anak buah kapal pada Selasa 20 Desember. Kapal itu ditemukan oleh kapal lain dari perusahaan yang sama.
 
"Menurut laporan, kapal ditemukan di Laut Sulawesi sekitar dua jam setelah melakukan kontak terakhir," ujar Juru Bicara militer Filipina, Filemon Tan, seperti dikutip AFP, Rabu (21/12/2016).
 
Tan menjelaskan bahwa kapal lain menemukan FB Ramona 2 tanpa ada awak. Selain itu, perangkat radio dan GPS juga dikabarkan dicuri.
 
"Kapten dan anak buah kapalnya yang merupakan warga Filipina diyakini sudah diculik. Wilayah penculikan berdekatan dengan Kepulauan Sulu, yang berjarak lebih dari 1.000 kilometer dari Manila," Tan menambahkan.
 
Wilayah Sulu selama ini menjadi basis dari kelompok Abu Sayyaf yang berulangkali melakukan tindakan terorisme di Filipina. Kelompok ini juga diduga kuat berada di balik aksi penculikan yang beberapa kali dialami oleh warga asing, termasuk nelayan Indonesia.
 
Namun Tan tidak bisa memastikan apakah insiden penculikan terbaru ini melibatkan Abu Sayyaf. Pihak keamanan sudah diperintahkan untuk mengadang para penculik juga mencoba untuk berlabuh di Kepulauan Sulu.



(FJR)