DK PBB: Sanksi tak Boleh Memengaruhi Bantuan Kemanusiaan Korut

Marcheilla Ariesta    •    Selasa, 07 Aug 2018 09:21 WIB
korea utara
DK PBB: Sanksi tak Boleh Memengaruhi Bantuan Kemanusiaan Korut
Pemimpin Korut Kim Jong-un ke peternakan lele. (Foto: AFP).

New York: Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menyetujui langkah-langkah yang dirancang Amerika Serikat (AS) untuk memastikan sanksi tidak menghalangi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Korea Utara (Korut).

"Sanksi tidak boleh memengaruhi bantuan kemanusiaan," seperti dikutip dari Resolusi PBB, dilansir dari laman Channel News Asia, Selasa, 7 Agustus 2018.

Meski demikian, organisasi bantuan tersebut berpendapat, perdagangan yang ketat dan langkah-langkah perbankan menciptakan hambatan birokrasi dan memperlambat aliran pasokan vital.

Amerika Serikat bulan lalu mengusulkan pedoman baru untuk mengizinkan kelompok bantuan dan badan-badan PBB untuk segera mendapatkan pengecualian termasuk mengawasi pelaksanaan sanksi. Setelah beberapa pekan negosiasi, proposal disetujui pada Senin kemarin.

Wakil Duta Besar Belanda Lise Gregoire-van Haaren, yang negaranya memimpin komite sanksi mengatakan, pedoman itu diharapkan memberikan kejelasan bantuan kemanusiaan tanpa melanggar sanksi.

"Tujuan utama kami adalah denuklirisasi Semenanjung Korea, dan sanksi sangat penting untuk tujuan tersebut," tukasnya.

Pemberitahuan ini akan dikirim ke 193 negara anggota PBB untuk menjelaskan prosedur pengecualian yang akan meningkatkan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Korut.


(ABD)