Korban Tewas Banjir di Jepang Jadi 75 Orang

Willy Haryono    •    Senin, 09 Jul 2018 07:43 WIB
banjirtanah longsorjepang
Korban Tewas Banjir di Jepang Jadi 75 Orang
Sepasang suami istri membawa barang-barang mereka di tengah banjir di Saka, Hiroshima, 8 Juli 2018. (Foto: Martin BUREAU/AFP)

Saka: Jumlah korban tewas dari banjir yang dipicu hujan lebat di beberapa daerah di Jepang bertambah menjadi 75 orang, menurut data resmi pemerintah pada Minggu 8 Juli 2018.

Seperti dikutip dari Channel News Asia, puluhan orang masih dinyatakan hilang setelah hujan deras memicu banjir bandang dan tanah longsor sejak pekan kemarin.

Beberapa media lokal ada yang mencatat korban jiwa sudah mencapai sekitar 90 orang. Sebagian besar korban berada di Hiroshima.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan penyelamatan korban banjir adalah "pertarungan melawan waktu." Sejumlah warga Jepang di lokasi bencana menuliskan pesan meminta tolong via media sosial Twitter.

Baca: Banjir dan Tanah Longsor di Jepang Tewaskan 60 Orang

Korban selamat di beberapa desa di Jepang pusat dan barat mengungsi ke atap rumah saat banjir menyapu seluruh ruas jalan.

Lebih dari dua juta orang telah diminta untuk mengungsi. Namun untuk beberapa daerah, perintah ini tidak wajib dan banyak warga yang memilih tinggal di rumah. Namun mereka terperangkap banjir dan hanya bisa menunggu bantuan.

Agensi Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan baru pada Minggu. 

Peringatan bahaya di beberapa daerah yang curah hujannya mulai berkurang telah dicabut. Meski sudah mulai reda, namun tanah yang sudah terkena air sejak beberapa hari terakhir berisiko memicu longsor.


(WIL)