Tiongkok Dianggap Punya Misi Jelas Terkait SDGs

Sonya Michaella    •    Senin, 19 Sep 2016 17:09 WIB
sdg
Tiongkok Dianggap Punya Misi Jelas Terkait SDGs
Vongthep Arthakaivalvatee (tengah) di Hotel JW Marriot, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, 19 September 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) saat ini sedang bekerja sama dengan Tiongkok dalam proses implementasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) 2030.

"Tiongkok mitra penting kami dan juga mitra penting negara-negara anggota ASEAN dalam segala aspek, termasuk SDGs," ungkap Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Asia dan Pasifik, Vongthep Arthakaivalvatee ketika ditemui di Hotel JW Marriot, Jakarta, Senin (19/9/2016).

"Tiongkok punya misi yang jelas dan kontribusi yang jelas dalam implementasi SDGs," lanjutnya.

Ia mengatakan ASEAN telah berkomitmen untuk bekerja sama dengan Tiongkok untuk proses dan implementasi SDGs. "Kami akan bekerja dengan Tiongkok hingga SDGs mencapai tujuannya nanti," tuturnya.

Vongthep juga menegaskan bahwa negara-negara ASEAN bersama dengan Tiongkok juga Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam perwujudan SDGs. "Selain itu bagaimana kita mendukung climate change, trans boundary haze pollution juga dalam langkah mewujudkan SDGs," ucapnya lagi.

SDGs menjadi topik utama yang akan dibahas dalam Sidang Umum (UNGA) ke-71 PBB di New York, Amerika Serikat (AS), pekan ini.

Di UNGA ke-71, para pemimpin negara anggota akan berkumpul dan membicarakan implementasi SDGs selama satu tahun terakhir.


(WIL)