Korupsi, Mantan PM Thailand Divonis 5 Tahun Penjara

Sonya Michaella    •    Kamis, 28 Sep 2017 09:49 WIB
politik thailand
Korupsi, Mantan PM Thailand Divonis 5 Tahun Penjara
Para pendukung Yingluck di Mahkamah Agung. (Foto: Asian Correspondent)

Metrotvnews.com, Bangkok: Mahkamah Agung Thailand menjatuhkan vonis lima tahun penjara kepada mantan Perdana Menteri Yingluck Shinawatra. Ia terbukti bersalah dalam kasus korupsi.

Majelis hakim menyatakan Yingluck terbukti lalai dalam manajemen skema subsidi beras yang membantunya memenangkan pemilu 2011 lalu.

Dikutip dari Asian Correspondent, Kami 28 September 2017, Yingluck seharusnya dijadwalkan hadir dalam persidangan 25 Agustus kemarin. Namun, ia tak datang dengan alasan sakit.

Sejumlah sumber mengatakan ia kabur ke Dubai. Namun, setelah beberapa hari kemudian, ia dinyatakan kabur ke Kamboja.

Namun, belum diketahui persis saat ini Yingluck bersembunyi di negara mana.

Selama ini, Dubai dianggap sebagai tempat perlindungan dari pemimpin keluarga Shinawatra yakni, Thaksin. Kakak dari Yingluck itu, juga dalam pelarian menghindari hukuman atas kasus korupsi.

Pengadilan mengeluarkan surat perintah penangkapan sejak bulan lalu karena takut dia melarikan diri dari negara tersebut. Mereka juga menyita uang jaminan senilai USD900 ribu yang diberikan Yingluck di awal persidangan.
 
Yingluck membantah telah melakukan kesalahan dalam skema subsidi beras yang menghabiskan biaya miliaran dolar Amerika Serikat tersebut.

Jika dia terbukti bersalah, mantan PM Thailand wanita pertama itu akan menghadapi hukuman penjara dan larangan seumur hidup berkecimpung di dunia politik.


(FJR)