Korban Tewas Gempa Tiongkok Dikhawatirkan Terus Bertambah

Fajar Nugraha    •    Rabu, 09 Aug 2017 09:45 WIB
gempa tiongkok
Korban Tewas Gempa Tiongkok Dikhawatirkan Terus Bertambah
Pasukan keamanan mencari korban selamat di puing-puing bangunan yang hancur akibat gempa (Foto: AFP).

Metrotvnews.com, Beijing: Gempa yang melanda Tiongkok Selasa 8 Agustus malam waktu setempat, dikhawatirkan menyebabkan jumlah korban tewas lebih banyak.
 
 
Seperti dilansir AFP, Rabu 9 Agustus 2017, saat ini, korban tewas akibat gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR),-(sebelumnya disebutkan 7,0 SR)- dikabarkan mencapai 12 orang. 
 
Gempa melanda Prefektur Aba, Provinsi Sichuan, yang menjadi pusat gempa. Selain menewaskan 12 orang, 175 lainnya dilaporkan menderita luka-luka, 28 diantaranya menderita luka serius.
 
Tetapi pihak Komisi Bencana Nasional Tiongkok mengkhawatirkan bahwa jumlah korban kemungkinan akan bertambah. Mereka menyebutkan bahwa ada laporan 100 warga yang masih hilang hingga saat ini.
 
Hingga saat ini polisi paramiliter tengah melakukan pencarian di puing-puing bangunan yang hancur. Mereka mencari kemungkinan adanya warga yang selamat akibat gempa.
 
Warga banyak yang tertegun di jalan yang dipenuhi oleh puing. Mereka takut untuk kembali ke dalam rumah, khawatir akan guncangan gempa susulan.
 
Setidaknya satu gempa susulan yang berkekuatan 4,2 SR mengguncang, setelah gempa pertama. Pada awal Rabu 9 Agustus pagi waktu setempat, gempa lain berkekuatan 6,3 SR mengguncang wilayah Xinjiang.
 
Adapun gempa di Sichuan berpusat di dekat Jiuzhaigou. Ini adalah wilayah lembah yang ditetapkan sebagai taman nasional dan situs warisan dunia yang dilindungi UNESCO.
 
Kantor berita Xinhua menyebutkan bahwa lima orang tewas di Jiuzhaigou. Dilaporkan lebih dari 34 ribu orang tengah berkunjung di saat gempa melanda.
 
31,500 wisatawan dievakuasi ke tempat aman usai gempa melanda. Pihak Komisi Bencana Nasional Tiongkok menyebutkan lebih dari 130 ribu dilaporkan mengalami kerusakan di Provinsi Sichuan.



(FJR)