Korea Selatan Siap Berdialog dengan Korea Utara

Faisal Abdalla    •    Minggu, 06 Aug 2017 02:00 WIB
nuklir korea utara
Korea Selatan Siap Berdialog dengan Korea Utara
Pemerintah Korea Utara mengklaim telah sukses melakukan uji coba rudal balistik berbasis kapal selam -- Foto: AFP

Metrotvnews.com, Manila: Korea Selatan menyatakan keinginannya untuk berdialog dengan Korea Utara terkait masalah nuklir. Uji coba rudal yang sedang gencar dilakukan Korea Utara dianggap telah mengancam perdamaian dunia.

Keinginan Korea Selatan untuk berdialog dengan Korea Utara diungkapkan Menteri Luar Negeri Korea Selatan, Kang Kyung-wha saat menghadiri Konferensi Menlu ASEAN ke-50 di Manila, Filipina.

"Jika ada kesempatan, sepertinya kita memang harus bicara," ujar Kyung-wha di Manila, Filipina seperti dilansir bbc.com, Sabtu, 5 Agustus 2017.

Kyung-wha mengatakan, negaranya ingin tetangganya itu segera menghentikan provokasi rudal nuklirnya dan segera merespon tawaran Korea Selatan (untuk berdialog) demi mewujudkan rezim yang damai.

Pada Konferensi Menlu ASEAN ke-50, Menlu ASEAN juga turut menyuarakan keprihatinannya atas uji coba rudal Korea Utara. Menlu ASEAN menilai uji coba rudal tersebut telah mengancam perdamaian dunia.

Sebelumnya Korea Utara kembali meluncurkan uji coba rudal balistik antar benua pada Juli lalu. Tindakan Korea Utara itu dikecam keras oleh sejumlah negara, diantaranya Korea Selatan, Jepang, dan Amerika Serikat yang kini sedang berupaya mengajukan sanksi PBB yang baru terhadap Korea Utara.

 


(Des)