Diplomat Senior PBB Jadi Menlu Wanita Pertama Korsel

Willy Haryono    •    Minggu, 18 Jun 2017 14:44 WIB
korea selatan
Diplomat Senior PBB Jadi Menlu Wanita Pertama Korsel
Kang Kyung-hwa adalah penasihat senior Sekjen PBB Antonio Guterres. (Foto: United Nations)

Metrotvnews.com, Seoul: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in menunjuk seorang diplomat veteran di Perserikatan Bangsa-Bangsa sebagai menteri luar negeri wanita pertama di Negeri Gingseng, Minggu 18 Juni 2017.

Kang Kyung-hwa, 62, pernah menjabat Wakil Komisioner Tinggi untuk Hak Asasi Manusia dan Asisten Sekretaris Jenderal Urusan Kemanusiaan PBB. Tahun ini, dia menjadi penasihat senior bagi Sekjen PBB Antonio Guterres.

Seperti dikutip AFP, penunjukan Kang terjadi kurang dari dua pekan sebelum rencana kunjungan Moon ke Amerika Serikat. Moon akan mendiskusikan masalah ancaman Korea Utara bersama Presiden Donald Trump.

Korut telah mengabaikan peringatan komunitas global meluncurkan serangkaian misil balistik tahun ini.

Sebelum di PBB, Kang pernah bertugas di Kemenlu Korsel selama beberapa tahun. Pengalaman diplomatiknya akan membantu Korsel mengatasi masalah serius dengan negara tetangga dan sekutunya.

Moon, seorang politikus yang menjadi presiden usai lengsernya Park Geun-hye, telah menyerukan adanya dialog damai dengan Korut untuk meredam ancaman misil dan nuklir. Ia ingin mengambil pendekatan persuasif terhadap Korut, bertolak belakang dari sikap pemerintahan Park.

Korsel di bawah Park tahun lalu menyepakati pengiriman sistem anti-misil milik AS bernama Terminal High-Altitude Area Defense (THAAD). China menentang pengiriman THAAD dan memandangnya sebagai ancaman terhadap stabilitas kawasan.

Meski beberapa bagian THAAD sudah dikirim ke Korsel, Moon bulan ini menunda pengiriman lebih lanjut. Moon menyebut penundaan diperlukan untuk menilai lebih lanjut dampak THAAD terhadap lingkungan.

Namun sejumlah analis meyakini penundaan sengaja dilakukan Moon untuk menghindari situasi diplomatik rumit yang diwariskan dari masa kepemimpinan Park.


(WIL)