Pariwisata Menjadi Penguat Hubungan Indonesia-Venezuela

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 12 Oct 2017 09:19 WIB
indonesia-venezuela
Pariwisata Menjadi Penguat Hubungan Indonesia-Venezuela
Resepsi diplomatik kemerdekaan RI di Caracas, Venezuela, Dubes RI Mochammad Lutfie Witto'eng menjadi tuan rumah (Foto: KBRI Caracas).

Metrotvnews.com, Caracas: Hubungan Indonesia-Venezuela memasuki usia ke-58 tahun. Diharapkan kerja sama kedua negara semakin baik seiring bertambahnya usia.
 
Duta Besar RI untuk Venezuela Mochammad Lutfie Witto'eng mengapresiasi Pemerintah Venezuela yang selama ini telah menjadi mitra baik bagi Indonesia.
 
Acara perayaan ultah bilateral sekaligus resepsi diplomatik kemerdekaan RI ke-72 yang digelar di Caracas dihadiri pula oleh Wakil Menteri Luar Negeri Venezuela Felix Plasencia.
 
"Sejak momen bersejarah proklamasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustus 1945 hingga saat ini, Indonesia telah mengalami kemajuan dalam perjalanannya. Indonesia adalah sekelompok masyarakat dari ribuan etnis, bahasa, budaya, dan agama yang berbeda, yang telah bersumpah untuk tetap bersatu sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa," ujar Lutfie, seperti dikutip dari keterangan KBRI Caracas yang diterima Metrotvnews.com, Rabu 11 Oktober 2017.
 
Menurut Dubes Lutfie, Indonesia terus maju dengan segala tantangan dan peluang ke depan. "Indonesia merupakan negara demokrasi terbesar ketiga, ekonomi terbesar ke-16 dan negara berpenduduk keempat terbesar di dunia," tuturnya.
 
Kerja sama yang telah terjalin dengan Venezuela harus terus ditingkatkan. Sebagai bukti kerja sama, tercatat adanya bantuan dari Venezuela baik materil maupun proses rekonstruksi pasca Tsunami di Aceh.
 
Selain itu, beberapa waktu lalu Pemerintah Venezuela juga membantu proses evakuasi warga negara Indonesia (WNI) yang terjebak di British Virgin Island akibat Badai Irma.
 
Indonesia-Venezuela kini memiliki banyak kerja sama, salah satunya bebas visa bagi warga Venezuela yang ingin berkunjung ke Indonesia. Bahkan, tiap tahunnya Indonesia mengajak para jurnalis dan blogger dari Venezuela untuk berkunjung ke Indonesia mempromosikan keindahan pariwisata tanah air.
 
Muncul pula program Darmasiswa bagi pemuda Venezuela dengan bantuan Pemerintah Indonesia dengan jangka waktu 6 bulan hingga satu tahun. Jurusan yang ditawarkan di bidang kesenian, Bahasa Indonesia dan ilmu teknologi di Indonesia.

(FJR)