Pamer Kekuatan, Militer AS Terbangkan Pesawat Pengebom di Korsel

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 06 Dec 2017 14:48 WIB
as-korsel
Pamer Kekuatan, Militer AS Terbangkan Pesawat Pengebom di Korsel
Selain pesawat pengebom, mililter juga mengerahkan jet tempur F-16 dalam latihan perang bersama Korea Selatan (Foto: AFP).

Seoul: Militer Amerika Serikat (AS) telah menerbangkan pesawat pengebom mereka, B-1B di atas Korea Selatan (Korsel). Langkah ini dilakukan dalam latihan militer bersama yang diduga untuk membuat Korea Utara (Korut) ciut.
 
Pesawat Lancer B-1B juga melakukan simulasi bom di sebuah lapangan militer. Latihan tersebut dilakukan sepekan setelah Pyongyang melakukan lagi uji coba rudal balistik.
 
Dikutip dari laman AFP, Rabu, 6 Desember 2017, AS sebelumnya mengerahkan pembom bertujuan unutk pamer kekuatan. Militer Korsel menyebutkan, pesawat pembom itu mengambil bagian dalam simulasi pemboman dengan jet tempur As dan Korsel di provinsi Gangwon timur, wilayah yang berbatasan dengan Pyongyang.
 
"Lebih dari 200 pesawat dan ribuan tentara terlibat dalam latihan udara waspada Ace yang berakhir pada Jumat mendatang. Latihan ini sudah direncanakan sebelum peluncuran rudal terbaru Korut," tutur militer Korsel.
 
Pyongyang menyebutkan bahwa latihan militer yang dilakukan Seoul dan Washington sebagai langkah provokasi. Pernyataan ini disampaikan oleh panglima militer Korut di media pemerintah pada Senin lalu.
 
Latihan tersebut dilakukan saat kepala politik Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Jeffrey Fletman mengunjungi Pyongyang untuk berdialog. Ini merupakan kunjungan langka yang dilakukan pejabat senior PBB.



(FJR)