Inovasi Bisa Jadikan Hubungan Indonesia-India-ASEAN Lebih Baik

Marcheilla Ariesta    •    Rabu, 30 Aug 2017 19:11 WIB
aseanindonesia-india
Inovasi Bisa Jadikan Hubungan Indonesia-India-ASEAN Lebih Baik
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (tengah) dalam acara 'India-Indonesia-ASEAN: Prospects for Economic Integration', di Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2017. (Foto: Metrotvnews.com/Marcheilla Ariesta)

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menuturkan, hubungan Indonesia-India-ASEAN bisa semakin erat bila berani melakukan inovasi.

Enggar menyebut, Indonesia dan India sudah lama menjalin hubungan kerja sama, terutama di bidang ekonomi.

"Kerja sama Indonesia-India-ASEAN bisa lebih baik lagi ke depannya. Hal ini akan terjadi jika semakin inovatif," kata Enggar di acara 'India-Indonesia-ASEAN: Prospects for Economic Integration', di Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2017.

Pertumbuhan investasi Indonesia-India, ujar Enggar, mengalami kenaikan hingga 2,5 persen sejak 2000. Pada 2009 hingga 2013, nilai perdagangan kedua negara mencapai USD38,7 miliar.

Enggar mengatakan kerja sama kedua terjalin erat karena memang saling membutuhkan. Dia juga menilai Indonesia-India bisa menjadi pasar dinamis yang membantu pertumbuhan ekonomi dunia.

Duta Besar India untuk ASEAN, Suresh Reddy, mengaku melihat potensi yang sangat besar di Indonesia. Dia menilai Indonesia bisa menjadi negara dengan ekonomi keempat terbesar di dunia pada 2050, dengan Gross Domestik Product (GDP) mencapai angka 12.210.

Tidak hanya dengan Indonesia, hubungan India-ASEAN juga tak kalah kuat. Banyak sekali kerja sama yang dilakukan India dengan organisasi di kawasan Asia Tenggara tersebut.

"Pemimpin India-ASEAN telah menguatkan hubungan lewat ASEAN-India dialog. Lewat forum ini, kita sering membahas mengenai berbagai hal yang bisa keduanya lakukan, salah satunya perdagangan dan investasi," ungkap Suresh.

Bahkan, ujar Suresh, ASEAN menjadi salah satu fokus India untuk kerja sama perdagangan luar negeri. Indonesia sendiri disebut sebagai negara terbesar kedua di bidang perdagangan di ASEAN untuk India.


(WIL)