26 Pengungsi Rohingya Tewas saat Menuju Bangladesh

Lis Pratiwi    •    Sabtu, 02 Sep 2017 02:36 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
26 Pengungsi Rohingya Tewas saat Menuju Bangladesh
Pengungsi Rohingya yang datang dengan perahu -- Foto: AFP

Metrotvnews.com, Myanmar: Sedikitnya15 jenazah anak-anak dan 11 jenazah perempuan etnis Rohingya ditemukan terdampar di Bangladesh. Perahu yang mereka tumpangi tenggelam saat berusaha mengungsi dari kawasan konflik di Rakhine State, Myanmar menuju Teknaf, Bangladesh.

Petugas penjaga perbatasan Bangladesh tidak dapat memastikan jumlah pengungsi Rohingya di dalam kapal. Tiga perahu membawa pengungsi Rohingya menyusuri Sungai Naf di perbatasan Myanmar-Bangladesh, pada kamis 31 Agustus 2017 kemarin.

Shah Karim, salah satu korban selamat mengatakan kapal kecil dan penuh sesak yang dia tumpangi telah dihantam gelombang besar. "Tidak ada yang tahu cara menavigasi perairan laut. Saat ombak besar memiringkan perahu, kami panik," kata seperti dilansor dari AFP, Jumat 1 September 2017.

Menurut PBB, sekitar 27,400 etnis muslim Rohingya telah menyeberang ke Bangladesh dari Myanmar sejak sepekan terakhir. Mereka melarikan diri setelah sekelompok gerilyawan Rohingya melakukan serangan terkoordinasi terhadap pasukan keamanan di utara Rakhine, Myanmar.

Aksi ini pun mendapat balasan keras dari militer setempat. Sedikitnya 117 orang tewas sejak bentrokan terjadi. Sementara itu, ribuan orang mengungsi ke negara lain, termasuk Bangladesh, Malaysia, dan Indonesia.


(Des)