Korut Tembakkan Misil Balistik Antarbenua, Jepang Berang

Sonya Michaella    •    Sabtu, 29 Jul 2017 08:34 WIB
nuklir korea utara
Korut Tembakkan Misil Balistik Antarbenua, Jepang Berang
Korut kembali tembakkan misil balistik antarbenua yang kedua kalinya. (Foto: KCNA)

Metrotvnews.com, Pyongyang: Korea Utara (Korut) kembali menembakkan misil balistiknya, kemarin dan diperkirakan mendarat di perairan Jepang. 

Pemerintah Jepang pun langsung bereaksi begitu mengetahui misil balistik Korut kembali jatuh di wilayahnya. Misil balistik ini diperkirakan terbang selama 45 menit sebelum mendarat di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Jepang.

"Ini jelas menunjukkan ancaman terhadap keselamatan bangsa kita. Ancaman ini sudah nyata," tegas Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dalam konferensi persnya.

"Kami tidak dapat menerima provokasi berulang-ulang dari Korut ini," ungkap dia. 

Dikutip dari Reuters, Sabtu 29 Juli 2017, misil ini diklaim Korut sebagai misil balistik antarbenua. Uji coba pertama telah diluncurkan Korut pada 4 Juli yang lalu.

Peluncuran ini dilakukan di Provinsi Jangang, Pyongyang dan terjadi pada 23.41, semalam. Misil ini dikabarkan mencapai ketinggian lebih dari tiga ribu kilometer.

Di Amerika Serikat (AS), Pentagon juga sudah memastikan bahwa misil yang diluncurkan Korut ini adalah misil balistik antarbenua.

Diperkirakan, Pyongyang akan dapat membuat misil antarbenua dengan kemampuan yang andal pada tahun depan.

Sementara itu, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in memimpin sebuah pertemuan darurat pada Sabtu dini hari dan memutuskan Seoul akan mempersiapkan langkah-langkah independen untuk menghadapi ancaman misil Korut.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres juga mengeluarkan pernyataan yang sangat mengecam misil balistik antarbenua tersebut.

 


(FJR)