Kunjungi Bandung, Raja Swedia Akan Disambut Ridwan Kamil

Sonya Michaella    •    Kamis, 18 May 2017 18:39 WIB
indonesia-swedia
Kunjungi Bandung, Raja Swedia Akan Disambut Ridwan Kamil
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Foto:MTVN/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Jakarta: Kota Bandung menjadi salah satu tujuan kunjungan Raja Swedia, Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Swedia. Pasangan Kerajaan Swedia ini juga akan diterima oleh Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

Duta Besar RI untuk Swedia, Bagas Hapsoro, mengatakan bahwa Bandung dipilih karena dianggap sebagai salah satu smart city di Indonesia.

"Bandung dinilai smart city, salah satunya lah. Sistem perkotaannya yang terintegrasi. Dari masalah transportasi, energi dan waste management, semua jadi satu," kata Dubes Bagas, di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.

"Raja sampaikan pada kami, Ridwan Kamil sebagai salah satu inovator ke depan. Karena latar belakangnya insinyur, arsitek, planologi. Nanti dia akan diundang ke Swedia tahun ini untuk kerja sama membangun kota terbesar kedua di Swedia yakni Gottenburg" lanjut dia.

Senada dengan Dubes Bagas, Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Johanna Brismar Skoog mengatakan, Raja Gustaf sempat berkata bahwa ia sangat ingin menikmati perjalanan Jakarta-Bandung dengan menaiki kereta.

"Ia menyampaikan hal itu kepada kami bahwa Raja ingin naik kereta dari Jakarta ke Bandung. Di sana Raja akan diterima oleh Wali Kota Ridwan Kamil," ungkap Dubes Skoog.

Dalam kunjungan perdananya ke Indonesia, Ratu Silvia juga memiliki agenda sendiri terlepas dirinya mendampingi suaminya.

"Ratu Silvia akan mengunjungi Perpustakaan Manggarai. Sebelum itu, ia akan mengunjungi Kota Tua untuk melihat budaya Jakarta dengan didampingi oleh Plt Gubernur DKI Jakarta," tutur dia.

Ia menjelaskan, kunjungan ke Perpustakaan Manggarai ini untuk memberikan dukungan kepada anak-anak Indonesia.  


(WAH)