AS Ancam Hentikan Bantuan, Indonesia Komitmen Bantu Palestina

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 04 Jan 2018 15:34 WIB
indonesia-palestinapalestina israel
AS Ancam Hentikan Bantuan, Indonesia Komitmen Bantu Palestina
Indonesia berkomitmen untuk terus memberikan bantuan kepada Palestina (Foto: AFP).

Jakarta: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengatakan akan memutuskan bantuan dana ke pengungsi Palestina. Indonesia, sebagai negara sahabat dekat Palestina, mengatakan komitmennya untuk terus membantu rakyat dan pemerintah Palestina.
 
 
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan komitmen Indonesia untuk tetap membantu Palestina dalam berbagai hal.
 
"Indonesia berkomitmen untuk membantu Palestina. Mulai tahun ini kita akan memberikan fasilitas bebas pajak untuk dua produk ekspor unggulan mereka, yaitu kurma dan minyak zaitun," kata Arrmanatha saat ditemui di Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jakarta, Kamis 4 Januari 2018.
 
Saat ditanya Indonesia akan membantu memberikan dana kepada pengungsi Palestina, Arrmanatha menjawab masih harus melihat detail yang dimaksud Pemerintah AS.
 
"Kita belum melihat detail apa yang dimaksud Pemerintah AS. Berbagai bantuan itu disalurkan lewat berbagai mekanisme," ucapnya.
 
Arrmanatha menjelaskan, bantuan yang selama ini diberikan kepada Palestina, dikumpulkan melalui lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), United Nations relief and Rehabilitation Administration (UNRRA). Lembaga ini merupakan badan PBB yang bertujuan memberikan pertolongan kepada orang-orang yang ditimpa kemelaratan di daerah yang awalnya hendak dibebaskan, dan memulihkan kembali produksi-produksi di daerah tersebut.
 
Dia menuturkan, jika sudah jelas maksud dari Pemerintah AS mengenai ancaman Trump tersebut, UNRRA yang akan memutuskan. "Jadi, kalau demikian, UNRRA akan menyampaikan pledging agar negara lain bisa mengisi. Jadi, saat ini kita belum mengetahui apa yang dimaksud Pemerintah AS. Dan sebelum kita tahu, kita belum bisa bergerak," ujarnya.
 
Arrmanatha menambahkan, tahun ini, Indonesia akan terus memberikan bantuan teknis ke wilayah Palestina. Kembali dia mengulang, bantuan tersebut berguna untuk masyarakat Palestina membangun wilayah mereka jika sudah merdeka.
 
"Kita memberikan kail untuk mereka bisa membangun perekonomian sendiri," lanjut dia.
 
Adapun bantuan tersebut berupa rumah sakit, sekolah, ambulans dan bantuan dari masyarakat Indonesia yang sudah disampaikan ke pihak Palestina sendiri.
 
Trump mengancam akan menghentikan bantuan kepada Palestina karena tidak mau berdiskusi untuk perdamaian dengan Israel.
 
"Bahkan mereka tidak mau bernegosiasi soal perdamaian dengan Israel. Mengapa kita harus memberikan bantuan yang besar untuk mereka (warga Palestina)?" tulis Trump di akun Twitter pribadinya.
 
Ancaman Trump yang memojokkan Palestina ini adalah yang terbaru pasca-pengumuman AS mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel, 6 Desember 2017 lalu.

 

 
(FJR)