Menlu Thailand Yakini Mantan PM Yingluck Sembunyi di London

Fajar Nugraha    •    Selasa, 09 Jan 2018 13:28 WIB
thailand
Menlu Thailand Yakini Mantan PM Yingluck Sembunyi di London
Mantan PM Thailand Yingluck Shinawatra diduga dalam pelarain di Inggris (Foto: AFP).

Bangkok: Mantan Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra diyakini berada dalam persembunyian di London, Inggris. Hal itu disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai.
 
Komentar dari Pramudwinai muncul setelah dua foto yang diduga sebagai sosok Yingluck, beredar luas di sosial media.
 
Salah satu foto memperlihatkan Yingluck berpose bersama dengan seorang perempuan yang menggunakan mantel berwarna merah. Foto itu diambil di pusat perbelanjaan Harrods di London.
 
Sementara foto lain menunjukkan Yingluck yang berada di pusat perbelanjaan Westfield, London. Polisi mengatakan sudah memverifikasi foto dari Yingluck pada foto pertama di Harrods. Sedangkan untuk foto kedua di perbelanjaan Westfield, belum bisa dipastikan identitasnya.
 
"Yingluck saat ini berada di London dan pihak berwenang Thailand sudah melakukan komunikasi dengan pihak Inggris untuk mencari keberadaannya," jelas Menlu Pramudwinai, seperti dikutip Channel News Asia, Selasa 9 Januari 2018.
 
"Kami mengetahui hal ini sejak September. Menlu Inggris mengatakan kepada kami bahwa Yingluck berada di London, Inggris. Kami sudah melakukan komunikasi secara konstan, tetapi belum bisa menemukannya," ucapnya.
 
Namun Pramudwinai menolak untuk berkomentar secara spesifik apakah akan ada permintaan ekstradisi terhadap Yingluck. Thailand dan Inggris selama ini memiliki perjanjian ekstradisi, kemungkinan besar langkah itu akan dilakukan.
 
Sebagai perdana menteri, Yingluck dianggap terlibat korupsi pengadaan beras yang membuat negara merugi. Perempuan berusia 50 tahun itu diadili secara in absentia pada September dengan vonis lima tahun penjara.
 
Sejak pergi dari Thailand pada Agustus 2017 lalu, Yingluck tidak bersuara sama sekali. Keberadaannya pun terus membuahkan spekulasi besar.
 
Yingluck bersama dengan kakaknya, Thaksin Shinawatra sudah lama berada dalam isu perebutan kekuasaan di Negeri Gajah Putih. Thaksin,-yang juga mantan PM Thailand,- berada dalam pelarian menghindari hukuman penjara akibat dari kasus korupsi yang diarahkan kepada dirinya.



(FJR)