Menlu Kamboja ke Indonesia Bahas Peningkatan Kerja Sama Militer

Marcheilla Ariesta    •    Kamis, 01 Feb 2018 17:12 WIB
Menlu Kamboja ke Indonesia Bahas Peningkatan Kerja Sama Militer
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI Arrmanatha Nasir (Foto:Medcom/Sonya)

Jakarta: Menteri Luar Negeri Kamboja Prak Sokhon akan berkunjung ke Indonesia. Kunjungannya tersebut untuk membahas peningkatan kerja sama bilateral kedua negara.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir menjelaskan Menlu Prak akan bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi. Ada beberapa isu yang akan menjadi fokus pembahasan keduanya.

"Penguatan mekanisme bilateral dalam beberapa area ditingkatkan, seperti pertanian, tourism dan teknologi informasi. Kemudian penguatan kerja sama ekonomi dan investasi," ujar Arrmanatha dalam jumpa pers mingguan di kantor Kementerian Luar Negeri Indonesia, Jakarta, Kamis 1 Februari 2018.

Selain itu pembahasan mengenai peningkatan kapasitas dalam bidang pertahanan juga akan menjadi fokus kedua menlu. "Konteksnya pertukaran pendidikan militer," ungkap Arrmanatha.

Isu ASEAN, imbuh Arrmanatha tentunya juga akan menjadi pembahasan. Pasalnya, dua negara merupakan anggota ASEAN.

Tahun ini merupakan tahun ke-60 hubungan Kamboja-Indonesia. Arrmanatha menambahkan, akan ada berbagai kegiatan yang menjadi upaya merayakan hubungan diplomatik dua negara.

Total perdagangan Indonesia dengan Kamboja pada 2017 mencapai USD441,576 juta. Indonesia memiliki banyak investasi di Kamboja, karenanya, pada 2016 total investasi mencapai USD350 juta atau sekitar Rp4,6 triliun.



(WAH)