Sekutu Dekat Aung San Suu Kyi Mundur dari Dewan Penasehat

Sonya Michaella    •    Kamis, 25 Jan 2018 13:00 WIB
konflik myanmarrohingyapengungsi rohingya
Sekutu Dekat Aung San Suu Kyi Mundur dari Dewan Penasehat
Bill Richardson saat bertemu dengan Aung San Suu Kyi. (Foto: Independent)

Washington: Sekutu dekat Aung San Suu Kyi, Bill Richardson, mengundurkan diri dari Dewan Penasehat Internasional. Dewan ini juga disebut sebagai dewan pendukung kebijakan pemerintah Myanmar.

Dewan Penasehat Internasional ini juga membantu Pemerintah Myanmar untuk melaksanakan rekomendasi yang diberikan oleh mantan Sekretaris Jenderal PBB, Kofi Annan. 

Selama bertahun-tahun menjadi sahabat Suu Kyi, Richardson baru saja menyebut pemimpin de facto Myanmar itu seseorang yang kurang memiliki kepemimpinan moral, terutama dalam menangani kasus Rohingya.

"Tampaknya Dewan hanya akan menjadi 'regu pemandu sorak' untuk kebijakan pemerintah Myanmar daripada mengusulkan kebijakan asli yang dibutuhkan untuk menjaga perdamaian, stabilitas dan pembangunan di Rakhine," kata Richardson, dikutip dari CNN, Kamis 25 Januari 2018.

Agustus 2017, hampir 700 ribu Rohingya terpaksa meninggalkan Rakhine menuju Bangladesh, karena adanya bentrokan dengan militer Myanmar. Namun, saat ini sudah dibentuk kesepakatan dengan Bangladesh bahwa Rohingya akan dikembalikan ke Myanmar.

"Memang militer masih ada kekuatan siginifikan dan utamanya mereka yang dipersalahkan atas eksodus Rohingya, tapi tidak adanya kepemimpinan moral Suu Kyi sangat memprihatinkan," ungkap dia lagi.

Pengunduran diri Richardson akan menjadi pukulan berat bagi reputasi organisasi internasional maupun Suu Kyi sendiri.

Selama berada di bawah tahanan Junta, Richarson adalah orang pertama dari Barat yang mengunjunginya.

Sementara itu, juru bicara Pemerintah Myanmar, Zaw Htay mengatakan, sangat menyesal mendengar pengunduran diri Richarson, namun tak berkomentar lebih banyak. 





(FJR)