SDGs Diharapkan Jadi Prioritas di Sidang Umum ke-71 PBB

Sonya Michaella    •    Senin, 19 Sep 2016 13:52 WIB
sdg
SDGs Diharapkan Jadi Prioritas di Sidang Umum ke-71 PBB
Vongthep Arthakaivalvatee (tengah) di Hotel JW Marriot, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, 19 September 2016. (Foto: MTVN/Sonya Michaella)

Metrotvnews.com, Jakarta: Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) menjadi tema besar di Sidang Umum PBB (UNGA) tahun ini dan diharapkan dapat menjadi prioritas pembahasan. 

"SDGs sangat penting, apalagi di implementasinya nanti. Maka, kami harap SDGs benar-benar menjadi prioritas di UNGA ke-71," kata Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN untuk Asia dan Pasifik, Vongthep Arthakaivalvatee, di Hotel JW Marriot, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (19/9/2016).

"SDGs harus dipromosikan kepada masyarakat agar mereka sadar dan mengerti bagaimana SDGs dan implementasinya," lanjutnya.

Ia juga menegaskan bahwa Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara (ASEAN) sudah selangkah maju ke depan dan sedang dalam proses untuk mensosialisasikan SDGs kepada masyarakat ASEAN.

SDGs memang sedang disosialisasikan besar-besaran oleh ASEAN dan Tiongkok di mana mereka mengutamakan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan ini adalah energi bersih.

"Kami harap semua negara yang hadir di UNGA memberikan perhatian kepada SDGs 2030," ungkapnya.

Hal pentingnya, lanjut dia, di mana ASEAN dan juga organisasi internasional beserta komunitas global mengerti akan SDGs dan berusaha mewujudkannya hingga 2030 nanti.

Tak hanya itu, ia menegaskan bahwa Thailand, salah satu anggota ASEAN, menjadi koordinator sosialisasi SDGs di ASEAN dan wilayah Asia.

"17 tujuan SDGs akan terwujud jika masyarakat dan dunia internasional sadar dan tahu serta menjadi prioritas," pungkasnya.

UNGA ke-71 pada pekan ini di New York, Amerika Serikat (AS) mengusung tema utama yaitu SDGs. Dalam isu SDGs sendiri, Indonesia akan memaparkan perkembangan terbaru dari program tersebut dan apa tantangan yang dihadapi selama setahun ini, terutama terkait 17 target SDGS.



(WIL)

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

Hillary Clinton Janjikan Biaya Kuliah Gratis

11 hours Ago

Dalam kampanyenya bersama Bernie Sanders, Calon Presiden Amerika Serikat Hillary Clinton menyatakan…

BERITA LAINNYA