Jepang Pertimbangkan Undang Trump Bertemu Kaisar Baru

Willy Haryono    •    Rabu, 05 Dec 2018 11:13 WIB
amerika serikatpolitik jepang
Jepang Pertimbangkan Undang Trump Bertemu Kaisar Baru
Presiden AS Donald Trump mendengar penjelasan PM Jepang Shinzo Abe di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina, 30 November 2018. (Foto: AFP/SAUL LOEB)

Tokyo: Pemerintah Jepang mempertimbangkan mengundang Presiden Amerika Serikat Donald Trump sebagai tamu kehormatan dalam upacara naik takhta Putra Mahkota Naruhito menjadi kaisar baru Negeri Sakura pada 1 Mei 2019. Jika terwujud, maka Trump akan menjadi pemimpin negara Barat pertama yang bertemu kaisar pengganti Akihito.

Kabar disampaikan sejumlah sumber kekaisaran Jepang kepada media lokal, termasuk Kyodo News, Selasa 4 Desember 2018. Selain upacara naik tahta, Trump juga dijadwalkan datang ke Jepang untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Osaka pada 28-29 Juni tahun depan.

Dengan mengundang Trump, Jepang ingin memperlihatkan kepada dunia mengenai kuatnya aliansi antara Tokyo dengan Washington. Dalam KTT G20 di Argentina beberapa hari lalu, Trump mengatakan kepada Perdana Menteri Shinzo Abe bahwa dirinya ingin segera berkunjung ke Jepang.

"Saya akan menghadiri sebuah acara luar biasa di Jepang," ucap Trump. "Saya sangat terhormat datang diundang kaisar Anda," lanjutnya.

Naruhito, pria 58 tahun, akan naik takhta setelah Kaisar Akihito, 84, turun dari posisinya pada 30 April. Turunnya Akihito adalah kali pertama dilakukan seorang monarki dalam dua abad terakhir.

Baca: Kaisar Akihito Turun Takhta 30 April 2019


Putra Mahkota Jepang Naruhito. (Foto: AFP)

Saat mengumumkan keputusannya, Akihito mengaku ingin mundur atas alasan kesehatan. Ia juga menilai sudah saatnya sosok yang lebih muda untuk meneruskan tahta.

Trump pernah datang ke Jepang pada November tahun lalu namun bukan dalam kapasitas tamu kenegaraan. Pendahulu Trump, Barack Obama, pernah diundang sebagai tamu kenegaraan ke Jepang pada April 2014.

Sementara itu, mantan Menteri Luar Negeri Jepang Yasuo Fukuda dijadwalkan datang ke AS pada Rabu ini untuk menghadiri prosesi pemakaman mantan presiden George H.W. Bush. Bush senior meninggal dunia di usia 94 tahun pada 30 November.


(WIL)