Kunjungi Kamboja, Presiden Tiongkok Buat 31 Perjanjian

Nur Azizah    •    Jumat, 14 Oct 2016 00:27 WIB
tiongkok
Kunjungi Kamboja, Presiden Tiongkok Buat 31 Perjanjian
Presiden Tiongkok, Xi Jinping bersama Perdana Menteri Hun Sen (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kamboja: Presiden Tiongkok, Xi Jinping mengunjungi negara sahabatnya, Kamboja. Sesampainya di Kamboja, Xi memuji hubungan diantara Kamboja dengan Beijing, terlebih banyak perjanjian ekonomi yang dibuat keduanya.

Dalam kunjungan itu, Xi dan Perdana Menteri Hun Sen telah membuat sekitar 31 perjanjian, termasuk pinjaman senilai 237 juta dolar. Xi juga berjanji akan mendesak investasi Tiongkok untuk dalam pembangunan bandara dan kereta cepat.

Tiongkok juga berencana akan memberikan tambahan 500 beasiswa. Selain itu, pemerintahnya juga telah membatalkan utang sekitar 87 juta dolar.

"Ini adalah sejarah dalam hal jumlah perjanjian dan janji yang sudah ditandatangani," kata staf Hun Sen, Sophalleth seperti dikutip Reuters, Kamis (13/10/2016).

Sophalleth menambahkan, Beijing juga berjanji  akan membantu 14 juta dolar untuk militer Tiongkok. Kamboja juga telah terselamatkan dari kritik Asosiasi Bangsa Bangsa Asean Tenggara  (ASEAN) di Laut Cina Selatan.

Anggota ASEAN seperti Vietnam, Filipina, Malaysia dan Brunei bersengketa dengan Tiongkok atas klaim saingan perairan. Bulan lalu, Kamboja mampu memveto pernyataan ASEAN mengacu putusan di peradilan internasional yang sebagian besar membantah klaim Beijing.

“Tiongkok dan Kamboja adalah tetangga yang baik, teman sejati yang setia satu sama lain,” tulis Xi dalam kolom komentar di surat kabar Rasmei Kampuchea, Kamboja.

Xi menyampaikan, tahun lalu perdagangan bilateral mencapai 4,4 miliar dolar dan tahun depan ditargetkan mencapai 5,5 miliar dolar.

Tahun lalu, investasi Tiongkok di Kamboja senilai  864 juta dolar dan total sebesar  9,1 miliar dolar telah dijanjikan sejak tahun 1994.

Tahun ini, Tiongkok telah berjanji akan mmebantuu kamboja sebesar  600 juta dolar selama tiga tahun ke depan.


(ALB)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

4 hours Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA