Serangan Udara Rusia Hantam Pasar di Aleppo, 22 Orang Tewas

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 13 Oct 2016 04:04 WIB
suriah membara
Serangan Udara Rusia Hantam Pasar di Aleppo, 22 Orang Tewas
Ilustrasi. Serangan baru menghantam wilayah di Suriah. AFP

Metrotvnews.com, Aleppo: Serangan udara Rusia kembali memborbardir wilayah Aleppo, Suriah, yang dikuasai pemberontak, Rabu (12/10/2016).  Setidaknya serangan ini menewaskan 22 orang dan menghancurkan beberapa bangunan bertingkat.

Rudal Rusia menghantam pasar terbesar di Aleppo yang dikuasai pasukan pemberontak. Petugas penyelamat pun sejatinya masih memberisihkan puing-puing akibat serangan udara yang terjadi sehari sebelumnya.

"Lima serangan udara menghantam sebuah pasar di daerah Fardous. Sejauh ini kita telah mencatat 22 orang tewas dan 45 luka-luka," kata Ibrahim Abu Leith, juru bicara Pertahanan Sipil Suriah atau yang dikenal juga sebagai White Helm, kelompok  relawan kemanusiaan yang beroperasi di wilayah yang dikuasai pemberontak di Aleppo, Suriah.

Serangan udara ini justru muncul saat Rusia mengumumkan akan mengadakan pembicaraan gencatan senjata di Suriah dengan Amerika Serikat dan kekuatan-kekuatan regional akhir pekan ini. Pertemuan ini merupakan pertama kalinya, ketika Washington membekukan perundingan dengan Rusia setelah serangan udara yang membabi buta di Suriah.

Dalam beberapa pekan terakhir, serangan udara Rusia menargetkan rumah sakit, penampungan bawah tanah, dan bangunan-bangunan pemukiman warga. Pada Selasa, 11 Oktober, serangan menewaskan 41 orang, lima diantaranya anak-anak. 


(OGI)