Pencari Suaka Pelaku Pembakaran Bank di Australia Masih Diidentifikasi

Sonya Michaella    •    Senin, 21 Nov 2016 16:09 WIB
kebakaranaustralia
Pencari Suaka Pelaku Pembakaran Bank di Australia Masih Diidentifikasi
Duta Besar Australia untuk Indonesia Paul Grigson (Foto: Dok. UII).

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebakaran yang terjadi di sebuah bank di Melbourne, Australia telah teridentifikasi dilakukan oleh seorang pencari suaka.
 
 
"Siapa pun pelakunya, kami tetap melakukan proses yang seharusnya dari kepolisian. Saat ini, investigasi masih berlangsung dan proses juga pasti berjalan," ungkap Duta Besar Australia untuk Indonesia, Paul Grigson, ketika ditemui di Kedutaan Besar Australia di Jakarta, Senin (21/11/2016).
 
Teridentifikasinya pelaku pembakaran adalah seorang pencari suaka menambah kemarahan kelompok oposisi sayap kanan Australia yang selama ini menentang penerimaan pengungsi dan pencari suaka.
 
Bank Commonwealth cabang Melbourne dibakar pria tak dikenal pada Jumat 18 November lalu. Akibatnya, 27 orang terluka dan enam lainnya kritis.
 
Sebelum kebakaran terjadi, sejumlah saksi mengatakan melihat pencari suaka tersebut berdiri di depan pintu masuk bank dan meletakkan sebuah barang, lalu pergi.
 
Tak lama setelah pria tersebut pergi, barang yang ditaruhnya tiba-tiba meledak dan menyebabkan kebakaran. 
 
 
Terkait dengan dinyatakannya pelaku sebagai pencari suaka, debat politik mengenai kebijakan pencari suaka meningkat di Australia.
 
Pelaku yang berasal dari tahanan imigrasi di Pulau Christmas ini menderita masalah mental dan keuangan. Ia diketahui tiba di Australia dengan perahu pada 2013 silam.



(FJR)