12 Anak di Gua Thailand akan Dilatih Menyelam

Willy Haryono    •    Selasa, 03 Jul 2018 10:49 WIB
thailand
12 Anak di Gua Thailand akan Dilatih Menyelam
Foto dari Angkatan Laut Thailand, 2 Juli 2018, memperlihatkan 12 anak-anak beserta pelatih sepakbola mereka di gua Tham Luang di Chiang Rai, Thailand. (Foto: AFP/ROYAL THAI NAVY)

Chiang Rai: Dua belas anak-anak dan pelatih tim sepakbola yang hilang di sebuah gua di Thailand akhirnya berhasil ditemukan. Meski ditemukan, mereka semua belum dapat dievakuasi karena terhalang air dan lumpur di kompleks gua Tham Luang.

Menurut keterangan militer Thailand, mereka semua akan mendapat pasokan makanan untuk empat bulan ke depan dan juga latihan menyelam.

"Kami akan mempersiapkan pengiriman tambahan makanan untuk setidaknya empat bulan ke depan, dan melatih 13 orang yang ada di dalam untuk menyelam, sementara kami terus menyedot air (di dalam gua)," ujar Kapten Angkatan Laut Anand Surawan, seperti dikutip dari AFP.

Anak-anak berusia antara 11 dan 16 tahun, bersama seorang pelatih berumur 25, ditemukan dalam kondisi kekurangan makanan namun masih tetap hidup. Mereka berkumpul di sebuah pojokan di gua selama lebih dari sepekan.

Pasokan makanan dan medis -- termasuk gel berkalori tinggi serta paracetamol -- telah diterima anak-anak. Bantuan diberikan untuk memastikan mereka semua tetap bertahan hidup sembari menanti proses evakuasi.

Baca: Tim Sepakbola Anak Thailand Ditemukan Setelah 9 Hari Terjebak di Gua

Kabar penemuan anak-anak di Tham Luang memicu kegembiraan di seantero Thailand, setelah sempat muncul kekhawatiran di tengah hujan deras yang terus memperburuk kondisi gua.

"Ini adalah misi yang hampir mustahil karena hujan turun setiap hari. Tapi dengan determinasi dan peralatan yang ada, kami berhasil melawan alam," tutur Gubenur Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn.

"Dokter menyarankan kami mengirimkan beberapa jenis obat untuk mencegah infeksi serta penyakit lainnya," lanjut dia.

Dalam sebuah rekaman video di internet, terlihat dua penyelam asal Inggris berhasil menemukan 12 anak-anak dan pelatih mereka di sebuah sudut gua.

 


(WIL)


Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

Wanita Terduga Agen Rusia Ditangkap di AS

13 minutes Ago

Amerika Serikat kembali diguncang skandal mata-mata. Kejaksaan wilayah Washington DC menahan seorang…

BERITA LAINNYA