Operasi Penyelamatan di Gua Thailand Seperti Peperangan

Willy Haryono    •    Sabtu, 07 Jul 2018 14:28 WIB
thailand
Operasi Penyelamatan di Gua Thailand Seperti Peperangan
Operasi penyelamatan di gua Tham Luang, provinsi Chiang Rai, Thailand. (Foto: AFP)

Tham Luang: Menyelamatkan 12 anak-anak dan pelatih sepak bola mereka di dalam gua Tham Luang di provinsi Chiang Rai seperti berusaha memenangkan perang, kata Gubernur Narongsak Osottanakorn. Menurutnya, saat ini baru satu dari tiga fase perang yang sudah berhasil dilewati.

"Untuk memenangkan perang, kita harus melewati tiga pertempuran. Kita telah memenangkan pertempuran pertama, yakni mencari keberadaan anak-anak itu. Pertempuran kedua adalah yang tersulit -- menyelamatkan mereka," ujar Narongsak, seperti dilansir dari Sydney Morning Herald, Sabtu 7 Juli 2018.

"Pertempuran ketiga adalah merawat mereka semua di rumah sakit. Itu bagian paling mudah," lanjut dia.

Narongsak menambahkan, kondisi ideal untuk penyelamatan adalah tiga hingga empat hari ke depan sebelum hujan deras turun.

"Saya dapat menjamin bahwa tiga atau empat hari dari sekarang adalah kondisi ideal untuk operasi penyelamatan dengan menggunakan salah satu rencana kita. Jika menunggu terlalu lama, kita tidak tahu ada berapa banyak air hujan yang turun," ungkap Narongsak.

Pernyataan terbaru dari sang gubernur disampaikan usai munculnya surat dari 12 anak-anak di gua Tham Luang untuk orangtua mereka masing-masing.

Baca: Operasi Penyelamatan 12 Anak di Thailand Memakan Korban

Anak-anak itu mengekspresikan rasa sayang mereka terhadap keluarga. Ada yang meminta ingin segera dikeluarkan dari gua, atau "jangan lupakan ulang tahun saya," dan juga ingin dibuatkan ayam goreng saat nanti pulang ke rumah.

Sementara pelatih sepakbola berusia 25 tahun di dalam gua menyampaikan permohonan maaf orangtua dari 12 anak.

Meski sudah akan mundur dari jabatan gubernur, Narongsak akan tetap memimpin upaya penyelamatan. Ia menyebut operasi penyelamatan pada Sabtu ini tidak memungkinkan karena 12 anak-anak itu belum memiliki kemampuan menyelam.

Namun jika hujan deras turun lebih awal, semisal Minggu besok, maka tim penyelam akan berusaha menarik 12 anak-anak dan pelatihnya dengan cepat.


(WIL)