Mantan Presiden Korsel Tidak akan Ajukan Banding

Arpan Rahman    •    Senin, 16 Apr 2018 18:04 WIB
politik korsel
Mantan Presiden Korsel Tidak akan Ajukan Banding
Sosok Park muncul dalam spanduk yang dibawa pendukungnya di Seoul, 6 April 2018. (Foto: AFP/JUNG YEON-JE)

Seoul: Mantan presiden Korea Selatan Park Geun-hye telah menyerahkan sebuah dokumen ke pengadilan yang mengungkapkan niatnya untuk menyerah dan tidak akan mengajukan banding dalam kasus korupsi yang membelitnya. 

Kabar terbaru dari skandal Park ini dilaporkan kantor berita Yonhap, Senin 16 April 2018. 

Meski tidak akan banding, kasus park masih akan digelar di pengadilan banding karena sebuah permohonan banding dari kubu kejaksaan telah dilayangkan pekan lalu. Banding dilayangkan atas tuduhan Park secara tidak adil menghindari dakwaan tertentu.

Sebuah pengadilan di Seoul telah menjatuhkan vonis penjara selama 24 tahun kepada Park bulan ini, atas sejumlah kasus termasuk penyuapan, penyalahgunaan kekuasaan, dan pemaksaan kehendak. 

Sejak terjerat kasus, Park telah membantah melakukan kesalahan dan menampik semua tuduhan. Pengacara Park belum dapat dihubungi media untuk dimintai komentar lebih lanjut.

Park dituduh berkolusi dengan orang kepercayaan rahasianya dan teman lama, Choi Soon-sil, yang telah dihukum dan dipenjara. Mereka dituduh mengambil puluhan juta dolar dari konglomerat sebagai imbalan atas bantuan kebijakan.

Sementara Choi sudah lebih dulu divonis 20 tahun penjara karena menyalahgunakan posisi Park dan memasuki ranah pemerintahan meski tak memiliki jabatan di pemerintah.

Sudah lebih dari satu tahun ia ditahan, namun ia kerap tak hadir di persidangan. Pada Desember 2016, Parlemen Korsel memutuskan untuk memakzulkan Park. Namun saat itu ia enggan mundur dan hanya meminta maaf kepada rakyat Seoul.




(WIL)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

17 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA