Kim Jong-un Rombak Tim Perundingan Denuklirisasi

Sonya Michaella    •    Rabu, 20 Feb 2019 18:30 WIB
korea utara
Kim Jong-un Rombak Tim Perundingan Denuklirisasi
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un. (Foto: AFP).

Seoul: Sejumlah diplomat veteran Korea Utara (Korut) kabarnya tak dimasukkan ke dalam tim perundingan denuklirisasi. Sebaliknya, ada satu diplomat Korut yang sempat dipecat menjadi salah satu pemimpin perundingan tersebut. 

Selain itu, Kim juga merombak total susunan tim denuklirisasi jelang pertemuannya dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Hanoi, Vietnam, akhir bulan ini.

Dilansir dari AFP, Rabu 20 Februari 2019, perubahan paling signifikan adalah Kim menunjuk satu diplomat yang kurang dikenal bernama Kim Hyok-chol sebagai perunding utama. Nantinya, ia akan kerap bertemu dengan utusan AS untuk masalah nuklir, Stephen Biegun.

Kim Hyok-chol merupakan mantan Duta Besar Korut untuk Spanyol yang dipecat pada 2017 silam. Ia menggantikan posisi Wakil Mantan Menteri Luar Negeri Korut Choe Son-hui yang memimpin perundingan pada KTT perdana Trump-Kim di Singapura.

“Ini adalah permainan bocah dan banyak diplomat top yang diabaikan untuk perundingan penting semacam denuklirisasi,” kata seorang pejabat Korea Selatan yang tak ingin disebutkan namanya.

Kim dan Trump dijadwalkan akan bertemu di Hanoi pada 27-28 Februari 2019. Delegasi dari kedua negara saat ini sudah tiba terlebih dahulu di Hanoi untuk membicarakan koordinasi logistik.

Jika masih dalam rencana awal, kedua pemimpin negara ini masih akan memfokuskan pembicaraan denuklirisasi. Namun, ada spekulasi bahwa Korut akan meminta AS mencabut sanksi ekonomi yang telah ditancapkan sejak 2016 silam sebagai imbalan Korut mau melakukan denuklirisasi.
 


(FJR)


Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

Pilpres AS, Sanders Mulai Kampanye di Brooklyn

2 weeks Ago

Bakal calon presiden Amerika Serikat dari Partai Demokrat, Bernie Sanders memulai kampanye di tempat…

BERITA LAINNYA