18 Tahun Hilang, Parinah Diduga Dibawa Pindah oleh Majikan

Sonya Michaella    •    Rabu, 11 Apr 2018 17:09 WIB
perlindungan wni
18 Tahun Hilang, Parinah Diduga Dibawa Pindah oleh Majikan
Parinah, WNI yang hilang kontak dengan keluarganya selama 18 tahun (Foto: KBRI London).

Jakarta: Parinah, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Banyumas, Jawa Tengah, akhirnya dapat kembali pulang ke Indonesia setelah 18 tahun lamanya kehilangan kontak dengan keluarga.
 
(Baca: 18 Tahun Menghilang, TKI Korban Perbudakan Dipulangkan).
 
Bekerja di Arab Saudi, Parinah akhirnya ditemukan di Inggris atas kerja sama KBRI London dan kepolisian Sussex. Sebelumnya, kabar adanya WNI bermasalah ini sudah diterima pihak KBRI sejak 1 Maret 2018.
 
Disinyalir, ada dugaan perdagangan modern yang dilakukan majikan terhadap Parinah. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri RI Lalu Muhamad Iqbal mengatakan, sangat wajar bila TKI dibawa pindah negara oleh sang majikan.
 
"Asal sang majikan ini bertanggungjawab. Salah satunya menyesuaikan gaji di negara yang baru," kata Iqbal kepada Medcom.id, Rabu 11 April 2018.
 
Ia juga menambahkan, saat ini terdapat sistem perpanjangan mandiri di mana TKI bisa menandatangani kontrak dan bertanggungjawab atas dirinya sendiri bila berpindah negara.
 
Namun, TKI ini juga harus melapor di perwakilan Indonesia di negara asal ia bekerja dan juga di negara baru.
 
"Sayangnya, Parinah ini tidak dibayar sesuai dengan negara baru tempat ia bekerja. Standar gaji Arab Saudi dan Inggris tentu berbeda. Harusnya majikan menyesuaikan gaji sesuai negara yang mereka tuju," imbuh dia.
 
Parinah dikeluarkan dari rumah majikannya dan di hari yang sama, sang majikan ditahan dengan dugaan tindak perbudakan modern.
 
Parinah sempat tinggal di rumah KBRI London dan dijadwalkan segera dipulangkan ke Tanah Air. Parinah tercatat berada di Inggris sejak 28 Mei 2001, setelah bekerja di Arab Saudi sejak tahun 1999.
 
Selama bekerja dengan majikan, Parinah tidak diperkenankan keluar rumah, kecuali jika bersama salah seorang anggota keluarga. Pihak keluarga juga tak bisa menghubungi Parinah sama sekali.
 
Parinah juga sudah membuat pernyataan kepada pihak Kepolisian Brighton bahwa dirinya belum memdapatkan haknya. Kesaksian Parinah ini akan diserahkan ke pengadilan dan dikeluarkan pada sidang tersangka.
 
Pihak kepolisian juga tengah membuat BAP kasus Parinah dan akan kembali mendatangkan TKI itu untuk menjadi saksi di pengadilan dan dibiayai kepolisian setempat.

https://video.medcom.id/newsline/9K54qm1k-14-tahun-tak-ada-kabar-tki-parinah-ingin-pulang-karena-sakit
(FJR)


Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

Obama Sindir Sejumlah Kebijakan Trump

13 hours Ago

Sejumlah kebijakan Trump disindir Obama, yaitu kebijakan imigrasi dan mundurnya AS dari Kesepakatan…

BERITA LAINNYA