Tiongkok dan Jepang Buka Lembaran Baru Hubungan Bilateral

Willy Haryono    •    Senin, 16 Apr 2018 12:30 WIB
politik jepangpolitik tiongkok
Tiongkok dan Jepang Buka Lembaran Baru Hubungan Bilateral
Menlu Tiongkok Wang Yi (kiri) dan Menlu Jepang Taro Kono dalam sebuah acara di Tokyo, 16 April 2018. (Foto: AFP/TOMOHIRO OHSUMI)

Tokyo: Dua raksasa Asia, Tiongkok dan Jepang, berjanji memulai "lembaran baru" hubungan bilateral. Keduanya bertekad menjalin kerja sama yang lebih erat di tengah serangkaian aksi diplomatik terkait ancaman nuklir dan misil Korea Utara. 

Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi mengatakan kepada Menlu Jepang Taro Kono di Tokyo, bahwa dirinya "berharap dapat mendorong perkembangan kedua negara lebih lanjut dengan membuka masa depan baru di bidang kerja sama bilateral."

"Hubungan kedua negara memasuki fase penting dalam peningkatan dan pertumbuhan," tambah Wang, seperti dikutip AFP, Senin 16 April 2018.

Tokyo berjuang agar tetap relevan di tengah serangkaian langkah diplomatik menuju konferensi tingkat tinggi mengenai Korut. Tiongkok diyakini akan menjadi pemain utama bersama Amerika Serikat dan juga Korea Selatan. 

Salah satu upaya Jepang adalah mendorong pertemuan trilateral antara Perdana Menteri Shinzo Abe, PM Tiongkok Li Keqiang dan Presiden Korsel Moon Jae-in. 

Pertukaran kunjungan bilateral antara PM Abe dan Presiden Tiongkok Xi Jinping juga sedang direncanakan. 

Tiongkok mendemonstrasikan pengaruh signifikan dalam isu Korut dengan menjamu kedatangan Kim Jong-un dan istrinya di Beijing bulan lalu. 

Kim datang untuk meminta dukungan menjelang rencana KTT dengan Presiden Moon dan juga Presiden AS Donald Trump.


(WIL)