Kantor Penghubung Korsel-Korut Dibuka Pekan Ini

Sonya Michaella    •    Rabu, 12 Sep 2018 11:41 WIB
korsel-korut
Kantor Penghubung Korsel-Korut Dibuka Pekan Ini
Kaesong, kota perbatasan Korut-Korsel, tempat kantor penghubung akan dibuka. (Foto: AFP)

Seoul: Korea Selatan (Korsel) dan Korea Utara (Korut) secara resmi akan membuka kantor penghubung gabungan pekan ini. Kantor ini berfungsi untuk membina hubungan lintas perbatasan.

Kantor penghubung tersebut terletak di Kaesong, kota perbatasan Korut dan Korsel. Kementerian Unifikasi Korsel menyatakan, sekitar 60 orang dari kedua negara akan menghadiri upacara pembukaan.

Pembukaan kantor akan diresmikan oleh wakil menteri Unifikasi Korsel dan wakil ketua Komite Damai Negara Korut.

Menteri Unifikasi Cho Myoung-gyon juga dipastikan akan hadir serta sejumlah pejabat parlemen Korsel. Tak hanya itu, Ri Son-kwon dari Korut yang disebut-sebut sebagai utusan khusus Kim Jong-un juga akan hadir. 

"Kantor ini akan menjadi saluran konsultasi dan komunikasi sepanjang waktu untuk memajukan hubungan antar-Korea, mengurangi ketegangan militer dan membangun perdamaian di Semenanjung Korea," sebut Kementerian Unifikasi Korsel, dikutip dari Yonhap, Rabu 12 September 2018.

"Kami harap hubungan Selatan dan Utara akan stabil terus menerus dengan adanya komunikasi 24 jam dan kami harap juga bisa memajukan hubungan Korut dan Amerika Serikat," lanjut kementerian tersebut.

Kantor ini rencananya beroperasi di hari yang sama dengan upacara pembukaan. Korsel akan menempatkan sekitar 20 pejabat dan Korut menempatkan 15 pejabat.

Pembukaan kantor ini adalah salah satu buah kesepakatan dari pertemuan Presiden Korsel Moon Jae-in dan Kim Jong-un pada April lalu di Desa Panmunjom, Zona Demiliterisasi. Mereka sepakat untuk mempererat hubungan dua negara melalui kantor tersebut.


(WIL)