Dianggap Tak Halal, Malaysia Ancam Tutup Gerai Hot Dog

Sonya Michaella    •    Rabu, 19 Oct 2016 15:49 WIB
peristiwa unik
Dianggap Tak Halal, Malaysia Ancam Tutup Gerai Hot Dog
Gerai yang menjual hot dog di Malaysia terancam ditutup karena dianggap menjual makanan tak halal (Foto: BBC)

Metrotvnews.com, Kuala Lumpur: Gerai makanan siap saji di Malaysia terancam ditutup. Pasalnya, sertifikasi halal mereka akan ditolak karena menjual hot dog.

Departemen Pengembangan Islam Malaysia, Sirajuddin Suhaimee mengatakan keputusan ini diambil karena banyak keluhan dari wisatawan Muslim.

"Nama ini menyebabkan kebingungan. Ini seperti menjual makanan berbahan daging anjing dan Malaysia menghalalkannya," ucap Suhaimee, seperti dikutip BBC, Rabu (19/10/2016).

Padahal, makanan asal Amerika ini bukanlah berbahan dasar daging anjing, melainkan sosis panggang (daging sapi atau daging ayam) yang berada di dalam roti.

Ia menambahkan, sertifikasi halal Malaysia tak mencantumkan nama-nama seperti daging babi, daging anjing, bir atau anggur.



Keputusan yang dinilai aneh ini menimbulkan perdebatan di Malaysia, saat ini. Para mahasiswa dari Amerika maupun Eropa pun menyampaikan kekecewaannya terhadap pemerintah Malaysia.

"Ini hanyalah nama. Dari sejak dulu, namanya adalah hot dog. Kaum Muslim harusnya lebih peduli dengan bahannya, bukan nama," tulis salah satu mahasiswa asing di Malaysia.

Bahkan, warga Muslim yang tinggal di Malaysia sendiri mengaku tak setuju dengan keputusan pemerintah yang akan menutup gerai makanan siap saji jika tak mengganti nama menu hot dog tersebut.

"Ini adalah komplikasi di mana Malaysia akan alami kemunduran. Para pemilik anjing, silahkan mengganti sebutan anjing dengan sosis," ucap Razal dari Malaysia dengan kesal.

Tak hanya itu, aktivis sekaligus putri dari mantan Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, Marina Mahathir mengkritik putusan departemen pembangunan ini.

"Ini suatu kemunduran. Jika memang tak yakin, bisa bertanya oleh penjual. Tak perlu menutup gerai makanan siap saji di Malaysia," pungkasnya.


(WIL)

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

Santiago De Cuba Bersiap untuk Pemakaman Fidel Castro

5 hours Ago

Proses pemakaman untuk tokoh revolusi Kuba, Fidel Castro mulai dipersiapkan di kota terbesar kedua…

BERITA LAINNYA