Bawa Banyak Pengusaha, Delegasi TEI Malaysia Raih Penghargaan Primaduta

Fajar Nugraha    •    Rabu, 12 Oct 2016 15:30 WIB
trade expo indonesia
Bawa Banyak Pengusaha, Delegasi TEI Malaysia Raih Penghargaan Primaduta
Presiden Joko Widodo melihat kerajinan milik pengusaha lokal di TEI 2016 (Foto: Media Indonesia)

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo menyerahkan Prima Duta Award pada pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI) ke-31 tahun 2016 di Jakarta International Expo. Primaduta Award 2016 diberikan langsung kepada para Duta Besar RI untuk Kuala Lumpur, Tokyo, Mexico, Kairo, Ankara, Amman, Roma dan Kopenhagen. 
 
Untuk pertama kalinya, Duta Besar RI untuk Malaysia menerima Prima Duta Award secara langsung pada 2016 mewakili para pengusaha terpilih.
 
Kali ini delegasi TEI asal Malaysia unggul pada dua kategori dengan tiga perusahaan sebagai pemenang yaitu dari kategori Manufaktur untuk pasar Utama adalah perusahaan Kara Marketing Sdn Bhd dan Indofood (M) Food Sdn Bh. Adapun kategori UKM untuk pasar Utama yaitu Kong Wooi Fong Tea Merchants Sdn Bhd.
 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di TEI (Foto: Media Indonesia)


"Penghargaan ini menunjukkan pentingnya Malaysia sebagai mitra dagang utama bagi Indonesia," kata Dubes RI untuk Malaysia, Herman Prayitno, dalam keterangan tertulis KBRI Kuala Lumpur, yang diterima Metrotvnews.com, Rabu (12/10/2016). 
 
"Seluruh Perwakilan RI di Malaysia terus berupaya meningkatkan nilai perdagangan bilateral," imbuhnya. 
 
Hal senada ditegaskan oleh Atase Perdagangan, Puntodewi yang menyampaikan "Delegasi TEI dari Malaysia tahun ini lebih banyak dari sisi jumlah dan nilai komitmen".  Untuk TEI 2016, Perwakilan RI memfasilitasi 282 buyers dengan nilai transaksi hari pertama mencapai sekitar USD56,65 Juta.
 
Delegasi TEI asal Malaysia datang dari negeri Penang, Kuala Lumpur, Johor Bahru, Kuching, Kota Kinabalu dan Tawau. Selain itu, Deputy Chief Minister Negeri Serawak, Datuk Amar Douglas Unggah Embas turut hadir mendukung keikutsertaan sekitar 90 pengusaha asal Serawak. 
Presiden Joko Widodo membukan Trade Expo Indonesia (TEI) (Foto: Media Indonesia)
 
 
Setelah pembukaan, Datuk Amar Douglas melakukan pertemuan dengan Dirjen Perdagangan Luar Negeri. Salah satu yang dibahas adalah peningkatan kerja sama peningkatan cross border khususnya perbatasan Serawak dan Kalimantan Barat.
 
Di sela-sela expo, para peserta akan difasilitasi dalam business matching dan networking Dinner untuk memberikan kesempatan interaksi para pengusaha Indonesia dan Malaysia. Fasilitasi misi dagang ini menjadi bagian penting dalam upaya seluruh Perwakilan RI untuk meningkatkan nilai perdagangan bilateral. 
 
Para delegasi akan mengambil manfaat dan peluang dalam kegiatan expo selama lima hari dari 12-16 Oktober 2016 yang bertemakan "Indonesia: Source of Natural and Creative Products"



(FJR)

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

Hasil Referendum Italia dan Hubungannya dengan Uni Eropa

1 day Ago

Perdana Menteri Italia Metteo Renzi mundur dari jabatannya setelah gagal menang dalam referendum…

BERITA LAINNYA